Politikus Golkar Bicara Neokolonialisme di Hadapan Ketum Partai Rusia Bersatu

Senin, 05 Juni 2023 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Ia menjelaskan dampak neokolonialisme modern dalam jangka panjang sama mengerikan. Jutaan rakyat di dunia terutama di kawasan Asia, Afrika, dan Amerika Latin menderita kelaparan, jutaan lain masih dihantui kemiskinan.

Kejadian ini, kata dia, terus berulang hingga saat ini dengan aktor-aktor penjajahan baru selain negara, perusahaan transnasional raksasa, dan lembaga rejim internasional seperti Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

"Mereka inilah yang mempromosikan kebijakan dan praktik fundamentalisme pasar sehingga yang kuat secara kapital dialah yang terus berkuasa. Praktiknya juga dicirikan dengan pelan-pelan mengurangi kedaulatan rakyat dalam negara sehingga peran negara lemah," tuturnya.

Selanjutnya, Dave menuturkan aktor-aktor ini menggunakan peran negara yang lemah untuk membuat regulasi yang bisa menguntungkan mereka.



"Oleh karena itu, saya berharap suara untuk membentuk tatanan dunia baru yang berperikemanusiaan dan berperikeadilan yang bisa dikatakan telah diinisiasi oleh bangsa-bangsa baru dan muda dapat mengubah dunia dari kekejaman penjajahan gaya baru ini," pungkasnya.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)