Elektabilitas Erick Thohir Semakin Kokoh di Bursa Cawapres 2024

Senin, 05 Juni 2023 - 03:20 WIB
loading...
Elektabilitas Erick Thohir Semakin Kokoh di Bursa Cawapres 2024
Elektabilitas Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir semakin kokoh di bursa calon wakil presiden (cawapres) 2024. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir semakin kokoh di bursa calon wakil presiden (cawapres) 2024. Hal itu berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga jelang Pilpres 2024.

Salah satunya, hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi membeberkan bahwa nama Erick sebagai cawapres semakin menguat di masyarakat berdasarkan hasil survei terbaru lembaganya.

“Erick Thohir mengalami kenaikan elektabilitas menjadi 15,5 persen,” ujar Burhanuddin dalam rilis survei terbaru Indikator Politik Indonesia bertema ‘Saling Salip Elektabilitas Capres Cawapres Jelang Pemilu 2024’, Minggu (4/6/2023).





Dia mengungkapkan, hasil itu merupakan tren terbaru pergerakan figur cawapres potensial untuk Pilpres 2024. Temuan surveinya menunjukkan bahwa elektabilitas eks Presiden Inter Milan ini mengalami peningkatan signifikan.

Dia menambahkan, masyarakat saat ini telah menilai figur cawapres potensial melalui kinerja yang konsisten ditunjukkan. Sehingga muncul nama yang memuncaki daftar elektabilitas teratas yakni Erick Thohir.

Survei Indikator Indonesia periode 26-30 Mei 2023 ini juga mencatatkan, raihan elektabilitas Erick unggul yang dari figur lain. Erick unggul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan angka 15,4 persen dan Menko Polhukam Mahfud MD yang mendapat elektabilitas 13,4 persen.

Kemudian, Menparekraf Sandiaga Uno 13,1 persen, disusul oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) yang turun mencapai 5,6 persen. Hasil itu semakin memantapkan posisi Erick di puncak bursa cawapres pada pilpres mendatang

"(Erick Thohir) memuncaki klasemen cawapres,” pungkas Burhanuddin.

Di sisi lain, raihan positif elektabilitas Erick sebagai cawapres untuk Pilpres 2024 juga sudah menguat sebelumnya. Misalnya, seperti terekam pada temuan survei Poltracking Indonesia beberapa waktu lalu.

Merujuk dari hasil temuan survei Poltracking Indonesia periode 5-19 April 2023, elektabilitas Erick Thohir sukses mengalami peningkatan sangat signifikan. Raihan elektabilitas Erick Thohir mencapai 17,1 persen.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)