Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Diyakini Makin Banyak

Jum'at, 02 Juni 2023 - 19:57 WIB
loading...
Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Diyakini Makin Banyak
Calon Presiden (Capres) PDIP Ganjar Pranowo menghadiri halalbihalal yang digelar Relawan Jokowi di Basket Hall, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/5/2023) malam. Foto: MPI/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Semua relawan Joko Widodo (Jokowi) diyakini bakal mendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Sebab, hanya Gubernur Jawa Tengah tersebut yang mungkin meneruskan program kerja Presiden Jokowi ke depannya.

"Kalau semua relawan, mendukung Ganjar, karena hanya Ganjar yang akan meneruskan program Jokowi," kata pengamat politik Emrus Sihombing, Jumat (2/6/2023).

Analisisnya cukup beralasan lantaran Jokowi dan Ganjar sama-sama kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Situasi diyakini bakal berbeda jika relawan Jokowi mendukung bakal capres dari partai politik (parpol) lain, sebab program kerja pasti berbeda dari PDIP.



Untuk diketahui, ribuan orang dari ratusan organisasi relawan Jokowi bakal mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar pada Sabtu (3/6/2023) besok, di Senayan, Jakarta. Acara bertajuk Deklarasi Nasional Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo tersebut merupakan bentuk ketegasan para relawan dalam menghadapi Pilpres 2024, sehingga tidak ada lagi kebingungan dalam menentukan pilihan.

Menurut Emrus, deklarasi di Senayan itu akan mengubah peta elektabilitas bakal capres. Hal tersebut sudah terbukti saat beberapa relawan Ganjar pindah menjadi pendukung bakal capres Prabowo Subianto.

"Relawan punya pengaruh survei dan elektabilitas. Kita akui elektabilitas kandidat besar kemungkinan naik tapi bukan berarti semua capres akan bikin relawan. Misal Anies bikin relawan, para relawan memberikan dukungan bisa dongkrak elektabilitas dia," tutur Emrus.

Baca juga: LSI Denny JA: Jateng dan Jatim Jadi Battle Ground Relawan Jokowi Pro Prabowo vs Pro Ganjar

Ia berpendapat, para relawan sebaiknya dalam kontrol PDIP agar menjadi satu kesatuan kekuatan. Sedangkan Ganjar Pranowo bisa fokus kepada program dan ide besar untuk pembangunan bangsa.

Tugas-tugas mengonsolidasikan relawan bisa dibagi-bagi jika Partai Amanat Nasional (PAN) benar-benar jadi bergabung mengusung Ganjar Pranowo. "Sehingga Ganjar fokus kepada ide besar," kata Emrus.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)