alexametrics

Kompolnas: Perpanjangan Kapolri Wewenang Presiden

loading...
Kompolnas: Perpanjangan Kapolri Wewenang Presiden
Komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Bekto Suprapto menyerahkan sepenuhnya keputusan perpanjangan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun pada akhir Juli mendatang kepada presiden. (Ilustrasi/Sindonews)
A+ A-
JAKARTA - Komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Bekto Suprapto menyerahkan sepenuhnya keputusan perpanjangan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun pada akhir Juli mendatang.

"Saya tidak katakan akan diperpanjang atau tidak karena perpanjangan Kapolri itu kewenangan Presiden (Jokowi)," ujar Bekto dalam diskusi Susah Gampang Cari Kapolri di Jakarta, Sabtu (11/6/2016).

Bekto menjelaskan, tugas Kompolnas itu tidak dapat mengusulkan nama-nama calon Kapolri namun memberikan pertimbangan kepada Presiden jika namanya sudah diserahkan oleh Dewan Jabatan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) kepada Presiden.



"Beri pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan Kapolri yang nantinya mengikuti jawaban dari harapan masyarakat karena kekuasaan polisi ini sangat luas," ujar Bekto.

Kerena perpanjangan masa jabatan Kapolri juga harus melalui beberapa tahap salah satunya harus mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Dalam Undang-undang memang kewenangannya pada Presiden tapi kan harus disetujui sama DPR," ujarnya.
()
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak