Perbedaan Marinir dan Angkatan Laut, dari Berdiri hingga Kewenangannya

Kamis, 01 Juni 2023 - 07:23 WIB
loading...
Perbedaan Marinir dan Angkatan Laut, dari Berdiri hingga Kewenangannya
Marinir merupakan satuan yang berada di bawah TNI Angkatan Laut. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Marinir merupakan satuan yang berada di bawah TNI Angkatan Laut . Kendati demikian, terdapat sejumlah perbedaan. Mulai dari sejarah berdiri hingga kewenangannya.

Perbedaan antara Marinir dan Angkatan Laut paling mencolok terdapat pada tugas yang diemban dan posisi satuan di susunan organisasi Tentara Nasional Indonesia. Pada dasarnya baik Marinir maupun Angkatan Laut sama-sama bertanggung jawab atas keamanan wilayah perairan Indonesia.


Perbedaan Marinir dan Angkatan Laut

Berikut ini beberapa perbedaan antara Marinir dan Angkatan Laut. Mulai dari tanggal berdiri hingga tugas yang diemban.

1. Tanggal Berdiri

TNI AL telah dibentuk sejak 10 September 1945 dengan nama awal Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut). Selanjutnya nama angkatan laut ini lebih dikenal sebagai ALRI atau Angkatan Laut Republik Indonesia.

Sedangkan untuk Marinir sendiri baru dibentuk pada 15 November 1945 di Pangkalan IV ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia) Tegal. Tujuan awal dibentuknya satuan ini adalah supaya para pelaut Indonesia yang tergabung di ALRI dapat bertempur di darat dalam keadaan darurat.

2. Keberadaan Satuan dalam Struktur Organisasi TNI

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Korps Marinir merupakan salah satu satuan yang berada di bawah naungan TNI AL. Sehingga posisi Korps Marinir dalam struktur organisasi TNI berada tepat di bawah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) sebagai salah satu Komando Utama.

Sementara itu Angkatan Laut merupakan salah satu matra dalam TNI bersama Angkatan Darat dan Angkatan Udara. Dalam struktur organisasinya Angkatan Laut dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) yang bertanggung jawab pada Panglima dan Wakil Panglima TNI.


3. Pendidikan

Para prajurit yang ditugaskan sebagai Marinir pada dasarnya telah menempuh pendidikan dasar di Akademi Angkatan Laut (AAL). Barulah setelah menempuh pendidikan dasar tersebut mereka akan melanjutkan pendidikan lanjutan kejuruan di Komando Pendidikan Marinir selama kurang lebih tiga bulan.

Berbeda dengan Angkatan Laut yang hanya menyelesaikan pendidikan dasar saja tanpa menempuh pendidikan lanjutan sebagai Marinir.

4. Tugas

Perbedaan mencolok antara Marinir dan Angkatan Laut terletak pada tugas yang diemban. Dimana Korps Marinir tidak hanya bertanggung jawab dalam keamanan wilayah laut, juga mempunyai kemampuan bertempur di darat.

Oleh karenanya satuan Korps Marinir yang dikenal dengan nama korps baret ungu ini bertugas melakukan operasi amfibi, pertahanan pantai, pengamanan pulau terluar, pembinaan potensi maritim, serta pembina kekuatan dan kesiapan operasi satuan Marinir.

Sedangkan untuk tugas Angkatan Laut, tercantum dalam Pasal 9 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa TNI AL bertugas untuk melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum, melaksanakan tugas diplomasi, dan pengembangan kekuatan matra laut.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)