Pangdam Cenderawasih yang Kariernya Melejit hingga Jenderal Bintang 4, Nomor 1 Mertua SBY

Kamis, 01 Juni 2023 - 05:34 WIB
loading...
Pangdam Cenderawasih yang Kariernya Melejit hingga Jenderal Bintang 4, Nomor 1 Mertua SBY
Sejumlah Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih memiliki karier yang cemerlang menjadi jenderal bintang empat. Salah satunya Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sejumlah Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih memiliki karier yang cemerlang menjadi jenderal bintang empat. Mereka tercatat berhasil menjadi orang nomornya satu di TNI AD alias Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Dari sebanyak 41 Pangdam Cenderawasih sepanjang sejarah Kodam XVII/Cenderawasih, baru empat orang yang berhasil menembus bintang 3. Mayoritas mengakhiri karier militernya dengan pangkat Mayjen, lalu kemudian Letjen, dan Brigjen.

Baca juga: 5 Fakta Mayjen TNI Deddy Suryadi, Jenderal Bintang Dua Pertama dari Akmil 1996

Dikutip dari tniad.mil.id, Kamis (1/6/2023), Kodam XVII/Cenderawasih merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi provinsi Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. Kodam ini sempat beberapa kali berganti nama.

Diawali Komando Tentara dan Teritorium VII/Wirabuana (KO TT-VII/WRB) pada tanggal 20 Juni 1950 yang berkedudukan di Makassar membawahi wilayah Indonesia Timur yaitu Sulawesi, Sunda kecil termasuk Maluku dan Irian Barat.

Pada Mei 1957, Komando Tentara dan Teritorium VII/Wirabuana (KO TT-VII/WRB) dilikuidasi, wilayahnya dibagi menjadi empat Komando Daerah Militer, di antaranya Komando Daerah Militer Maluku Irian Barat atau disingkat (KDM-MIB) menggantikan resimen Infanteri-25 (RI-25).

Lalu pada 8 Agustus 1962, Panglima Angkatan Darat membentuk Kodam XVII/Irian Barat dengan Surat Keputusan Pangad Nomor: KPTS 1052/ 8/1962 dengan nama lengkapnya Komando Daerah Militer Irian Barat. Kembali mengalami perubahan, Kodam XVII/Irian barat diubah menjadi Kodam XVII/Tjenderawasih pada tanggal 17 Mei 1963.

Untuk menghadapi pembangunan nasional yang pesat kala itu, Kodam XV/Pattimura dan Kodam XVII/Cenderawasih dilikuidasi menjadi Kodam VIII/Trikora dan diresmikan pada tanggal 8 Mei 1985 meliputi Maluku dan Irian Jaya berada di wilayah satu Komando, setelah yang pertama pada tanggal 1 Agustus 1952.

Dalam perjalanan sejarah selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan KSAD Nomor Skep/175/IX/2007 tanggal 26 September 2007, maka terhitung mulai tanggal 5 Oktober 2007 nomor Registrasi Kodam XVII/Trikora berubah kembali menjadi Kodam XVII/Cenderawasih yang meliputi wilayah Papua dan Papua Barat serta membawahi 4 Korem dan 12 Kodim.

Berikut daftar Pangdam Cenderawasih yang kariernya melejit hingga jenderal bintang 4:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)