Try Sutrisno: Yang Menganggap Pancasila Bukan Ideologi, Bertobatlah!

Rabu, 01 Juni 2016 - 14:06 WIB
Try Sutrisno: Yang Menganggap Pancasila Bukan Ideologi, Bertobatlah!
Try Sutrisno: Yang Menganggap Pancasila Bukan Ideologi, Bertobatlah!
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Indonesia Jenderal TNI Purn Try Sutrisno menegaskan kecintaan kepada Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa harus didasarkan atas suara hati, bukan karena paksaan.

Dia mengungkapkan siapa pun yang belum menganggap Pancasila sebagai ideologi negara harus segera bertobat.

"Yang mau menyambut simposium ini, semua sadar datang sendiri ke sini yang setia kepada Pancasila. Mudah-mudahan dengan hadir ini, NKRI ini landasannya harus Pancasila, Yang menganggapnya bukan Pancasila, mereka bertobatlah" tutur Try Soetrisno usai menghadiri acara Simposium Nasional bertema Mengamankan Pancasila dari Ancaman Kebangkitan PKI dan Ideologi Lain, di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Apabila ada perbedaan pandangan, kata dia, rekonsiliasi bisa membawa Indonesia menjadi negara yang lebih damai dan bersatu.

"Rekonsiliasi dalam arti baik, damai supaya rukun dan juga bersatu. Rekonsiliasi harus dengan Pancasila. Rekonsiliasi boleh diadakan karena itu perdamaian," tandasnya.

Try juga menegaskan pemerintah tidak perlu meminta maaf kepada keluarga Partai Komunis Indonesia (PKI). "Negara minta maaf kepada PKI? No ya ! Masa pemerintah lembaga formil, harus minta maaf," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5894 seconds (0.1#10.140)