Gema Tahlil Sambut Kedatangan Jenazah Sarwono Kusumaatmadja di Rumah Duka

Sabtu, 27 Mei 2023 - 18:42 WIB
loading...
Gema Tahlil Sambut Kedatangan Jenazah Sarwono Kusumaatmadja di Rumah Duka
Jenazah Sarwono Kusumaatmadja tiba di rumah duka Jalan Balitung III Nomor 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (27/5/2023) pukul 17.54 WIB. FOTO/MPI/MUHAMMAD FARHAN
A A A
JAKARTA - Jenazah Sarwono Kusumaatmadja tiba di rumah duka Jalan Balitung III Nomor 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (27/5/2023) pukul 17.54 WIB. Jenazah mantan menteri di era Presiden Soeharto dan Presiden Abdurrahman Wahid itu tiba menggunakan mobil ambulance yang dikawal oleh iring-iringan voorijder dan bus keluarga.

Berdasarkan pantauan di lokasi, salah seorang anggota keluarga almarhum menginfokan kedatangan jenazah melalui pengeras suara. Para pelayat yang telah menunggu sejak pukul 15.00 WIB langsung berdiri serempak guna menyambut kedatangan mantan Sekjen Partai Golkar tersebut.

Pihak keluarga meminta para pelayat untuk menjaga jarak agar kedatangan mobil jenazah dapat leluasa diparkirkan. Setelah menurunkan jenazah Sarwono, satu bus berisikan seluruh anggota keluarga inti turun satu per satu lalu masuk ke rumah duka.



Ketika jenazah diturunkan, sejumlah pelayat pun ikut mengangkat kamera ponsel guna merekam proses kedatangan pejuang lingkungan hidup Indonesia tersebut. Tak berselang lama kemudian, para pelayat mulai berbaris mengantre untuk ikut masuk ke dalam rumah duka agar dapat menyampaikan rasa duka citanya kepada para keluarga.

Jenazah Sarwono dibawa dengan menggunakan peti mati berwarna coklat, yang ditandu bersama-sama oleh keluarga dan kerabat dekatnya. Sembari dibawa, seluruh pelayat melantunkan tahlil yang bergema di rumah duka tersebut.

Selain keluarga inti, tampak di dalam rombongan yang turun dari bus, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Siti Nurbaya terlihat mengenakan setelah pakaian hitam mulai dari kerudung hingga gamisnya.



Setelah tiba di rumah duka, jenazah Sarwono langsung disalatkan bersama-sama oleh para pelayat beserta anggota keluarga. Tampak terlihat wajah duka dan haru biru yang tersirat dari para pelayat.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)