Profil Johannes Berchman, Purnawirawan TNI AU yang Pernah Menjabat Sebagai Irjenau

Kamis, 25 Mei 2023 - 20:59 WIB
loading...
Profil Johannes Berchman, Purnawirawan TNI AU yang Pernah Menjabat Sebagai Irjenau
Johannes Berchman adalah seorang purnawirawan TNI AU berpangkat Marsekal Muda. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Johannes Berchman adalah seorang purnawirawan TNI AU berpangkat Marsekal Muda. Sebelum pensiun pada tahun 2021 dirinya sempat menduduki jabatan Inspektur Jenderal TNI AU (Irjenau).

Pria yang memiliki nama lengkap Johannes Berchman Surarso Wijayanto ini telah bergabung di militer marka Angkatan Udara sejak tahun 1986 setelah lulus dari Akademi Angkatan Udara.


Profil Johannes Berchman

Johannes Berchman lahir pada 14 Juli 1963 di Yogyakarta. Sepanjang kariernya di militer, dia tercatat pernah menduduki beberapa posisi strategis sampai pada akhirnya menyandang pangkat jenderal bintang dua.

Pada tahun 2010 lalu, dia sempat ditugaskan sebagai Komandan Lanud Surabaya. Jabatannya itu bertahan kurang lebih selama lima tahun.

Hingga pada akhirnya dia mengalami mutasi pada tahun 2015. Johannes dipercaya untuk mengisi jabatan Direktur Pendidikan AAU kala itu.

Baru setahun menjabat sebagai Direktur Pendidikan AAU, dia langsung diberikan mandat untuk menduduki posisi Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara pada tahun 2016.

Setahun berselang, dia kembali mengalami pemindahan tugas untuk menjadi Pa Sahli Tingkat III Bidang Ekkudag Panglima TNI pada 2017.

Belum setahun menjabat sebagai Pa Sahli, dia kembali dipercaya untuk mengisi jabatan yang erat kaitannya dengan pendidikan, yakni sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau).



Ketika menjabat sebagai Danseskoau inilah dia mendapatkan pangkat jenderal bintang dua. Sampai pada tahun 2018, Johannes yang telah dinilai berpengalaman ditugaskan untuk menjabat sebagai Asisten Operasi Kasau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)