3 Panglima TNI yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional, 2 di Antaranya Bintang Lima

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:29 WIB
loading...
3 Panglima TNI yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional, 2 di Antaranya Bintang Lima
Terdapat sejumlah nama Panglima TNI yang mendapat gelar Pahlawan Nasional atas jasa dan pengabdiannya untuk bangsa Indonesia. Salah satunya Jenderal Besar TNI (Anumerta) Soedirman. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah nama Panglima TNI yang mendapat gelar Pahlawan Nasional atas jasa dan pengabdiannya untuk bangsa Indonesia. Dua di antaranya adalah jenderal bintang lima.

Melihat riwayatnya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya. Selama itu, TNI telah dipimpin oleh banyak jenderal berbeda setiap generasinya.

Dari sekian banyak nama yang pernah menjadi Panglima TNI, beberapa di antaranya dianugerahi gelar Pahlawan Nasional atas dedikasi dan perjuangannya untuk bangsa Indonesia. Siapa sajakah mereka?


Panglima TNI yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

1. Jenderal Besar TNI (Anumerta) Soedirman

Jenderal Soedirman merupakan salah seorang tokoh militer Indonesia yang mendapat pangkat bintang lima alias Jenderal Besar. Dalam riwayatnya, Soedirman lahir di Purbalingga pada 24 Januari 1916.

Sepanjang perjalanan kariernya di militer, Soedirman pernah menjadi Panglima TNI yang saat itu masih bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Tepatnya pada periode 1945 hingga 1950.

Atas banyaknya jasa dan kontribusi yang diberikan kepada bangsa, Soedirman ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 10 Desember 1964. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No.314 tahun 1964.

Tak hanya Soedirman, Keppres tersebut juga memuat keputusan menjadikan Jenderal Oerip Soemohardjo sebagai Pahlawan Nasional.


2. Jenderal TNI (Purn) T.B Simatupang

Berikutnya ada Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar (TB) Simatupang. Dalam riwayatnya, pria kelahiran Sumatera Utara 28 Januari 1920 ini menjadi pengganti Panglima Besar Soedirman yang meninggal dunia.

Saat itu, statusnya adalah Kepala Staf Angkatan Perang/Angkatan Bersenjata periode 29 Januari 1950 hingga 4 November 1953. Sama seperti Soedirman, TB Simatupang juga mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Pada 8 November 2013, Presiden Indonesia saat itu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada TB Simatupang.

3. Jenderal Besar TNI (Purn) A.H Nasution

Kemudian ada juga nama Jenderal Besar TNI (Purn) A.H Nasution. Sama seperti Soedirman dan Soeharto, tokoh militer ini menjadi salah satu penyandang jenderal bintang lima di Indonesia.

Pada sepak terjangnya di militer, Abdul Haris Nasution pernah menjabat Kepala Staf Angkatan Bersenjata periode 1962-1966. Atas jasanya untuk republik, Nasution dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2002 berdasarkan S.K. Presiden No.073/TK/2002.

Itulah tiga nama Panglima TNI yang mendapat gelar Pahlawan Nasional atas jasa dan pengabdiannya untuk bangsa Indonesia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)