Ditanya Kapan COVID-19 Berakhir, Ini Jawaban Jubir Wiku

Kamis, 23 Juli 2020 - 14:48 WIB
loading...
Ditanya Kapan COVID-19 Berakhir, Ini Jawaban Jubir Wiku
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mendapatkan pertanyaan kapan pandemi COVID-19 akan berakhir? FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 , Wiku Adisasmito mendapatkan pertanyaan kapan pandemi COVID-19 akan berakhir? Pertanyaan ini muncul saat diskusi Peringatan Hari Anak Nasional 2020 bertemakan "Melindungi Anak di Masa Pandemi".

Menanggapi pertanyaan tersebut, Wiku pun menegaskan bahwa ia tidak tahu persis kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. "Sebenernya nggak ada yang tahu sampai kapan berakhir, karena kita nggak bisa berbicara sama virusnya. Tapi yang jelas, kita tahu cara virus itu menular," katanya di Media Center Satgas COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Selanjutnya, Wiku ditanya apakah orang yang positif COVID-19 akan sembuh dengan cara berjemur? Wiku pun menjawab bahwa dengan berjemur orang akan semakin sehat. Namun, virus corona tidak akan mati langsung hanya dengan berjemur. ( )

"Kalau berjemur yang jelas kita tambah sehat. Kalau virusnya tidak bisa mati langsung. Maka dari itu kalau mau sembuh ya, berjemur tuh salah satu cara untuk kita menjadi lebih sehat imunitasnya naik," paparnya.

Wiku pun meminta agar protokol kesehatan dijalankan untuk mencegah terpapar COVID-19. "Jadi kalau kita mau bebas dari COVID-19, kita harus berubah perilaku. Caranya menjalankan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker dan sering cuci tangan," katanya.

"Kalau semua adik-adik, anak-anak semua di rumah, di mana pun berada, melakukan itu harusnya virusnya akan frustasi dan nggak bisa menularkan lagi. Di situlah letaknya kapan itu berakhir," ujarnya.( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)