Mutasi TNI, Lulusan Terbaik Akmil 1998 Jabat Danmentar Lembah Tidar

Rabu, 24 Mei 2023 - 19:04 WIB
loading...
Mutasi TNI, Lulusan Terbaik Akmil 1998 Jabat Danmentar Lembah Tidar
Gubernur Akmil Mayjen TNI Legowo W R Jatmiko, SIP, MM memimpin upacara Sertijab dan Tradisi Warga Akademi Militer, di Gedung Leo Kailola, Magelang, Senin (15/5/2023). Foto/Penhumas Akmil
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menunjuk Kolonel Inf Dwi Sasongko sebagai Komandan Resimen Taruna Akademi Militer (Danmentar Akmil). Penunjukan ini menjadi promosi bintang bagi Dwi.

Dengan menjabat Danmentar Lembah Tidar (lokasi Akmil), Dwi Sasongko akan menembus Perwira Tinggi TNI dengan pangkat Brigadir Jenderal atau Brigjen. Satu bintang emas pun akan tersemat di pundaknya. Kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi itu hanya tinggal menunggu waktu.

Penunjukan Dwi tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 tanggal 27 April 2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Secara keseluruhan terdapat 172 perwira yang dimutasi kali ini.

"Kolonel Inf Dwi Sasongko, jabatan lama Paban VI/Kermalat Non Asean Slatad, jabatan baru Danmentar Akmil," bunyi SK yang diteken Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dikutip Rabu (24/5/2023).



Kembali ke Akmil akan menjadi catatan indah tersendiri bagi Dwi. Tentara kelahiran 30 November 1976 ini lulusan Akmil dengan predikat mentereng: terbaik!. Dengan kata lain, dia menyandang lencana Adhi Makayasa sekaligus Tri Sakti Wiratama.

Mutasi kali ini juga menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Akmil. Betapa tidak, untuk kali pertama pucuk pimpinan Lembah Tidar dipegang oleh lulusan terbaik mereka. Sosok tersebut yakni Brigjen TNI Erwin Djatniko yang didapuk sebagai Gubernur Akmil.

Erwin yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Akmil ini merupakan lulusan terbaik 1992. Penunjukan ini juga menjadi promosi pangkat baginya. Dengan kata lain hanya tinggal tunggu waktu tentara kavaleri itu akan menjadi mayjen (bintang dua).

Hebatnya, kursi wakil gubernur yang ditinggalkan Erwin kini dipercayakan kepada Brigjen TNI Sapto Widhi Nugroho. Sapto merupakan lulusan terbaik Akmil 1994 A yang sebelumnya menjabat Dankorsis Seskoad.

Dengan demikian kini ada tiga lulusan terbaik Akmil yang menggawangi jabatan strategis di kawah candradimuka para calon prajurit TNI tersebut. Adapun Dwi Sasongko telah resmi menjabat Danmentar Akmil. Upacara serah terima jabatan berlangsung di Gedung Leo Kailola, Magelang, Senin 15 Mei 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)