Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar dan Anies

Sabtu, 20 Mei 2023 - 15:55 WIB
loading...
Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar dan Anies
Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam simulasi survei dua capres versi Polstat Indonesia. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prabowo Subianto unggul pada simulasi pemilihan dua calon presiden (capres) atau head to head dalam survei Polstat indonesia. Menteri Pertahanan itu menapat dukungan lebih banyak ketimbang Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Peneliti Senior Polstat Apna Permana mengatakan bahwa hasil survei Polstat Indonesia menunjukkan bahwa keunggulan Prabowo Subianto atas Ganjar semakin signifikan ketika kepada responden diajukan pertanyaan secara head to head.

"Sebanyak 52,3% responden mengaku akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti dua capres yakni Prabowo dan Ganjar saja.

Sementara itu Ganjar Pranowo dipilih oleh 35,8% responden alias tertinggal sangat signifikan dari elektabilitas Prabowo Subianto," kata Apna dalam paparannya secara daring, Sabtu (20/5/2023). "Sebanyak 11,9% responden mengaku belum bisa memilih salah satu diantara kedua tokoh tersebut," tambahnya.



Keunggulan Prabowo juga didapati saat head to head dengan Anies Baswedan. Hasil survei Polstat Indonesia Indonesia menunjukkan bahwa Prabowo Subianto tetap memperoleh elektabilitas jauh lebih tinggi dari Anies.

"Sebanyak 54,6% responden mengaku akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti dua capres. Sementara itu Anies Baswedan dipilih oleh 34,5% responden alias tertinggal sangat jauh dari elektabilitas Prabowo Subianto. Sebanyak 10,9% responden mengaku belum bisa memilih salah satu diantara kedua tokoh tersebut," kata Apna.

Survei Polstat Indonesia kali ini dilakukan pada tanggal 1 s/d 10 Mei 2023 di seluruh wilayah Republik Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal sudah berusia 17 tahun dan memiliki E-KTP. Jumlah sampel sebesar 1220 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling). Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,8% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung dengan responden berpedoman kuesioner. Survei Polstat kali ini dilengkapi dengan analisis media monitoring untuk mengukur perkembangan sentimen publik terhadap para capres setahun jelang Pemilu 2024.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)