5 Kader Partai NasDem yang Sukses Menjadi Gubernur di Indonesia

Jum'at, 19 Mei 2023 - 15:41 WIB
loading...
5 Kader Partai NasDem yang Sukses Menjadi Gubernur di Indonesia
Terdapat sejumlah Gubernur di Indonesia yang berstatus kader Partai NasDem. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Gubernur di Indonesia yang berstatus kader Partai NasDem . Mereka rata-rata berada di wilayah Indonesia timur.

Partai NasDem merupakan salah satu partai politik yang eksis di Indonesia. Pada perkembangannya, partai pimpinan Surya Paloh ini kerap membuat sejumlah gebrakan yang menarik perhatian masyarakat, termasuk saat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di tahun 2024 mendatang.

Selain itu, sejumlah kader dari NasDem juga diketahui memiliki jabatan penting, termasuk beberapa di antaranya yang menjadi Gubernur. Siapa sajakah mereka?


Kader Partai NasDem yang Sukses menjadi Gubernur di Indonesia

1. Viktor Laiskodat - Gubernur Nusa Tenggara Timur

Viktor Bungtilu Laiskodat merupakan putra daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) kelahiran 1965. Dia telah menjadi Gubernur NTT sejak tahun 2018 lalu.

Pada perjalanan karier politiknya, Viktor sempat menjadi politisi Golkar sebelum akhirnya hijrah ke NasDem. Bersama partai yang dipimpin Surya Paloh ini, dia sempat terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Sebelum habis masa jabatannya, Viktor maju dalam pencalonan Gubernur NTT. Berpasangan dengan Josef Nae Soi, dia berhasil terpilih untuk masa jabatan 2018-2023.

2. Herman Deru - Gubernur Sumatera Selatan

Herman Deru saat ini aktif bertugas sebagai Gubernur Sumatera Selatan. Mengutip laman Pemprov Sumsel, Herman lahir di Ogan Komering Ulu Timur pada 17 November 1967.

Dalam riwayat pendidikannya, Herman diketahui menjadi lulusan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sjakhyakirti Palembang (1995) serta Magister Manajemen di STIE Trisna Negara (2008).

Sebelum menjadi Gubernur Sumatera Selatan sejak tahun 2018, kader partai NasDem ini sempat menjadi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur selama dua periode. Masing-masing adalah 2005-2010 dan 2010-2015.


3. Isran Noor - Gubernur Kalimantan Timur

Berikutnya ada nama Isran Noor. Gubernur Kalimantan Timur ini telah menjabat sejak tahun 2018 lalu bersama Wakil Gubernur Hadi Mulyadi.

Sebelum menjadi Gubernur Kaltim, Isran Noor sebelumnya juga pernah menjadi Kepala Bidang Usaha Pertanian Pemprov Kaltim hingga Bupati Kutai Timur. Selain itu, dia juga tengah menjabat Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Kalimantan Timur.

4. Ali Mazi - Gubernur Sulawesi Tenggara

Ali Mazi bertugas sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara sejak tahun 2018. Melihat riwayatnya, ini bukan kali pertama dia menjadi orang nomor satu di Sultra.

Tercatat pada periode 2003-2008 Ali juga pernah menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara. Sebelum bergabung dengan NasDem, dia dulunya merupakan politisi Partai Golkar.

5. Rusdy Mastura - Gubernur Sulawesi Tengah

Terakhir ada nama Rusdi Mastura yang menjadi Gubernur Sulawesi Tengah. Politisi kelahiran Palu ini juga pernah menempati beberapa jabatan penting sebelumnya, yakni Ketua DPRD Kota Palu serta Wali Kota Palu.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)