Terima Penghargaan dari KPAI, Mensos: Kepentingan Anak Jadi Prioritas

Rabu, 22 Juli 2020 - 22:09 WIB
loading...
Terima Penghargaan dari KPAI, Mensos: Kepentingan Anak Jadi Prioritas
Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menerima piagam penghargaan dari KPAI. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menerima piagam penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Penghargaan diberikan atas komitmen dan langkah nyata Kemensos mendukung perlindungan dan perkembangan anak.

(Baca juga: Gagasan Mensos Jauhkan Rokok dari Anak Perlu Jadi Gerakan Nasional)

"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas penghargaan ini. Saya pastikan Kemensos akan terus memperkuat perlindungan anak baik melalui program maupun anggaran," kata Juliari usai menerima piagam penghargaan dari KPAI, Rabu (22/7/2020).

Penghargaan KPAI diberikan mengacu pada monitoring evaluasi perlindungan anak berbasis digital yaitu Sistem Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP). Terdapat 11 kategori yang mendapatkan piagam penghargaan, termasuk di antaranya kategori kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan sebagainya.

Selanjutnya ia menyatakan, penghargaan ini bermakna penting di tengah masih tinggi angka kekerasan terhadap anak. "Kami menyatakan keprihatinan atas masih maraknya kasus-kasus kekerasan terhadap anak. Saya berharap semua pihak terkait apakah orangtua, pendidik, tokoh masyarakat," ucapnya.

Dari berbagai pemberitaan, Mensos dapat merasakan bagaimana anak masih berada di lingkungan yang rawan dan membahayakan, sebagian potensi ancaman datang dari lingkungan terdekat, termasuk anggota keluarganya sendiri.

"Padahal anak ini kan anugerah dari Tuhan yang harus kita rawat, lindungi, dan kita didik karena merupakan aset masa depan," kata Mensos. (Baca juga: Mensos Juliari Batubara: Kita Tugasnya Bekerja, Tidak Pikir Reshuffle)

Dia mengingat, masa depan bangsa sangat ditentukan oleh kualitas anak-anak kita di masa sekarang. Oleh karena itu, penghargaan ini dipandang Mensos sebagai sinyal bagi jajaran Kemensos agar tidak henti menempuh berbagai upaya untuk meningkatkan perlindungan kepada anak.

"Kami pastikan Kemensos memberi dukungan penuh terhadap perlindungan anak. Perlindungan anak paling penting. Kami ada Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak yang kami pastikan mendapat dukungan terbesar di Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial," ujarnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)