Soal Dukungan ke Capres, Relawan Kornas: Kami Hanya Patuh Komando dari Pak Jokowi

Selasa, 16 Mei 2023 - 21:44 WIB
loading...
Soal Dukungan ke Capres, Relawan Kornas: Kami Hanya Patuh Komando dari Pak Jokowi
Relawan Komite Rakyat Nasional (Kornas) Jokowi menegaskan hingga kini belum menentukan dukungan kepada salah satu calon presiden (capres) tertentu. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Relawan Komite Rakyat Nasional (Kornas) Jokowi menegaskan hingga kini belum menentukan dukungan kepada salah satu calon presiden (capres) tertentu. Kornas masih tetap patuh menunggu komando dari Jokowi selaku pimpinan.

Ketua Umum Kornas Jokowi Abdul Havid Permana mengatakan, komitmen relawan yang menunggu arahan Jokowi dalam menentukan dukungan kepada capres 2024, merupakan hal wajar.

"Karena bos kita Pak Jokowi, makanya nama organisasi kita ada Jokowinya. Kalau ada Relawan Jokowi yang sudah menjadi pendukung Ganjar, seharusnya tidak menggunakan lagi nama Jokowi, langsung saja Relawan Ganjar," kata Abdul Havid Permana di Bangi Kopi Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023).



Hal ini disampaikan Abdul Havid menanggapi pernyataan dari politikus PDIP sekaligus Wakil Koordinator Relawan Ganjar, Adian Napitupulu, yang menilai relawan bisa menjerumuskan Jokowi jika memaksa memberikan arahan terkait capres yang harus didukung.

Sebab Jokowi hingga saat ini masih menjabat sebagai Presiden RI. Hal ini disampaikan Adian merespons pernyataan kelompok relawan dalam Musyawarah Rakyat (Musra) yang menyatakan masih menunggu arahan Jokowi terkait Capres 2024.

Havid menegaskan, sebagai salah satu relawan yang turut terlibat dalam seluruh proses pelaksanaan Musra, merupakan hal yang wajar jika relawan menanti petunjuk dari Jokowi selaku pimpinan. Apalagi Musra, yang salah satu agendanya menentukan sosok penerus kepemimpinan Jokowi, digelar atas arahan Jokowi.

"Dalam pidato Pak Jokowi di Rakernas V Projo, Pak Jokowi meminta relawan untuk mendatangi, mendengar langsung keinginan rakyat (terkait pemimpin penerus Jokowi). Kemudian kita fasilitasi melalui Musra," kata Havid.

"Ide Musra merupakan keinginan langsung Pak Jokowi dan bukan kemauan relawan menyeret-nyeret Pak Jokowi," lanjutnya.

Havid membantah pernyataan Adian yang menyebut bahwa 95 persen Relawan Jokowi sudah mendukung Ganjar. "Kalau ada saat ini Rrelawan Jokowi yang telah mendeklarasikan dukungan terhadap capres tertentu, berarti dia bukan lagi Relawan Jokowi. Karena jelas, Jokowi meminta relawan bersabar, tak buru-buru," imbuh Havid.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)