Momen Jokowi Bersama Prabowo Tanam Mangrove di Taman Wisata Angke

Senin, 15 Mei 2023 - 18:14 WIB
loading...
Momen Jokowi Bersama Prabowo Tanam Mangrove di Taman Wisata Angke
Presiden Jokowi melakukan penanaman mangrove pada Puncak Penanaman Mangrove Nasional oleh TNI di Seluruh Indonesia Tahun 2023, Senin (15/5/2023) sore. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman mangrove pada Puncak Penanaman Mangrove Nasional oleh TNI di Seluruh Indonesia Tahun 2023. Kegiatan ini digelar di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5/2023) sore.

Pantauan di lokasi Jokowi tiba sekira pukul 16.53 WIB. Jokowi datang ditemani oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi yang bersebelahan dengan Prabowo itu, ikut serta turun basah-basahan menanam mangrove. Tampak Jokowi antusias dengan penanaman mangrove tersebut. Para pejabat TNI dan Polri pun ikut serta dalam penanam mangrove tersebut.

"Kita tahu memiliki mangrove terluas di dunia 3,3 juta hektare hutan mangrove terbesar di dunia. Itu yang harus kita rawat, kita pelihara kalau di tempat yang kritis kita tanami kembali. Sehingga jangan sampai ada hutan mangrove kita yang rusak," kata Jokowi di TWA, Jakarta Utara.



Jokowi mengatakan, penanaman mangrove memiliki fungsi penting, di antaranya dapat mengembalikan habitat hewan.

"Mangrove penting yang pertama mengembalikan habitat untuk kepiting, ikan, biawak, ada monyet, ada burung-burung, banyak sekali. Di sini ada burung elang yang sudah mulai kembali lagi datang," ungkap Jokowi.

Jokowi berharap, proses menanam kembali mangrove tidak hanya dilakukan hari ini dan di TAW saja, tetapi dapat dilakukan di daerah lain.

"Saya kira proses menanam kembali hutan mangrove ini tidak hanya di sini saja tetapi di seluruh Tanah Air harus terus, terus dilakukan," jelasnya.

"Ini dalam rangka melindungi pesisir kita dari kemungkinan adanya perubahan iklim. Sehingga, air dari permukaan laut naik atau ada gelombang besar juga bisa menahan. Ini memang proteksi alam yang kita perlukan," jelas Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)