Launching Polisi RW di Bandung, Fadil Imran: Akan Jadi Program Nasional

Senin, 15 Mei 2023 - 16:02 WIB
loading...
Launching Polisi RW di Bandung, Fadil Imran: Akan Jadi Program Nasional
Kabaharkam Komjen Pol Fadil Imran didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil me-launching Polisi RW di halaman Gedung Sate, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (15/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Komjen Pol Fadil Imran me-launching Polisi RW di halaman Gedung Sate, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (15/5/2023). Polisi RW rencananya dijadikan program nasional.

Mereka akan ditempatkan di setiap wilayah dan diharapkan dapat mencegah gangguan Kamtibmas. Dalam bekerja, Polisi RW bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

"Tugas Polisi RW menyelesaikan permasalahan Kambtimas yang bisa menimbulkan kejahatan, tentunya bersama elemen masyarakat. Kemudian menganalisa bersama masyarakat tentang potensi yang dapat menganggu Kamtibmas, mulai dari geografis, demografi, dan lainnya," kata Fadil dalam keterangannya.

Pembentukan Polisi RW ini diharapkan mampu penyelesaian permasalahan dengan cepat. Menurut Fadil, Polisi RW juga dapat mencegah terbentuknya potensi kejahatan.

"Kemudian menyusun respons terhadap persoalan tersebut. Perlahan seluruh faktor-faktor yg terbukanya ruang gangguan Kamtibmas bisa dihilangkan," ujar mantan Direktur Siber Bareskrim Polri ini.

Fadil memaparkan, Polri akan menerjunkan 32.000 personel yang disebar hampir di 70.000 RW di 27 kota/kabupaten di Jabar. Polisi RW sudah digagas Fadil sejak menjabat Kapolda Metro Jaya.

Program ini sudah berjalan dan banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Fadil berencana menjadikan program ini menjadi lebih luas hingga ke tingkat nasional.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dibentuknya Polisi RW dapat menumbuhkan rasa aman dan nyaman masyarakat. Dia berterima kasih kepada Polri dengan segala inovasi untuk tetap menjaga kondusivitas.

"Saya mengucapkan terima kasih yang pertama kepada Kapolri atas segala inovasi-inovasi dengan konsen Polri Presisi. Kemudian, diturunkan kepada kabaharkam untuk memberikan gagasan, perluasan yang namanya polisi RW berbasis organisasi masyarakat, mensukseskan konsen polisi RW ini sehingga kami atas nama masyarakat di Pemprov Jawa Barat merasa tenang," ujar Kang Emil.

Kang Emil mengimbau seluruh Ketua RW di Jawa Barat agar dapat berkontribusi dengan baik dalam menjaga Kamtibmas bersama Polisi RW. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan manfaat rasa aman.

"Saya ucapkan selamat bertugas kepada para polisi yang mungkin memiliki dua tupoksi, ada tupoksi jabatannya dan tupoksi polisi RW. Ingat, tugas kita adalah memberikan kebermanfaatan, rasa aman, nyaman kepada masyarakat. Kedua, kepada Ketua RW seluruh Jabar, mohon untuk menyambut baik berkontribusi dengan cara berkoordinasi," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)