3 Jenderal TNI Kelahiran Wonogiri Berkarier Cemerlang, Salah Satunya Jabat Danpuspenerbad

Jum'at, 12 Mei 2023 - 14:19 WIB
loading...
3 Jenderal TNI Kelahiran Wonogiri Berkarier Cemerlang, Salah Satunya Jabat Danpuspenerbad
Terdapat sedikitnya tiga jenderal TNI kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah yang memiliki karier cemerlang. Salah satunya Brigjen TNI TOto Nugroho. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tiga jenderal TNI kelahiran Wonogiri , Jawa Tengah yang memiliki karier cemerlang. Salah satunya baru dimutasi menjadi Komandan Pusat Penerbangan TNI AD (Danpuspenerbad).

Pada perkembangannya, telah banyak anggota TNI yang meraih karier gemilang. Tak hanya menempati jabatan strategis, namun juga berhasil menyemat pangkat dalam jajaran perwira tinggi.

Dari sekian banyak, beberapa di antaranya adalah perwira TNI kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah. Lantas, siapa sajakah mereka?


Jenderal TNI Kelahiran Wonogiri yang Memiliki Karier Cemerlang

1. Brigjen TNI (Purn) Suko Basuki

Brigadir Jenderal TNI (Purn) Suko Basuki merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Jabatan terakhirnya sebelum purnatugas adalah Irdam I/Bukit Barisan.

Dalam riwayatnya, Suko Basuki lahir di Wonogiri, Jawa Tengah pada 1 Desember 1963. Dia tercatat sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987.

Sepanjang kariernya, purnawirawan TNI ini pernah menduduki sejumlah posisi strategis. Sebut saja seperti Irdam II/Sriwijaya (2015), Irupters Itum Itjenad, Irpers Itum Itjenad (2020), hingga Irdam 1/Bukit Barisan (2021).


2. Brigjen TNI Toto Nugroho

Berikutnya ada nama Brigjen TNI Toto Nugroho. Serdadu kelahiran Wonogiri tahun 1966 ini menjadi salah satu nama yang masuk daftar mutasi TNI akhir April 2023 lalu.

Toto yang awalnya menjabat Dircab Puspenerbad mendapat tugas baru sebagai Danpuspenerbad. Selain itu, sejumlah posisi penting lain juga pernah ditempati jenderal bintang satu

Di antaranya adalah Irdam Jaya (2017-2018), Danpussenarhanud Kodiklatad (2018-2020), Dirum Pusterad (2020-2022), hingga Dirlem Secapaad (2022).

3. Brigjen TNI Mar (Purn) Giyarto

Brigadir Jenderal TNI Marinir (Purn) Giyarto lahir di Wonogiri, Jawa Tengah. Sepanjang kariernya di militer, telah banyak posisi strategis yang ditempatinya seperti Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2.

Selain itu, Giyarto juga pernah menjadi Danlantamal X (2008), Waaster Panglima TNI, hingga Staf Khusus KSAL (2014).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)