Profil Priyo Widyanto, Jenderal Bintang 2 yang Menjabat Kakorsabhara Baharkam Polri

Rabu, 10 Mei 2023 - 18:18 WIB
loading...
Profil Priyo Widyanto, Jenderal Bintang 2 yang Menjabat Kakorsabhara Baharkam Polri
Irjen Pol Priyo Widyanto merupakan perwira tinggi (pati) Polri. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Irjen Pol Priyo Widyanto merupakan perwira tinggi (pati) Polri. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Korps Samapta Bhayangkara (Kakorsabhara) Baharkam Polri .

Jabatan Kakorsabhara Baharkam Polri yang disematkan kepada Irjen Priyo Widyanto telah diamanahkan sejak Oktober 2021. Priyo menduduki jabatan tersebut untuk menggantikan Irjen Pol Nanang Novianto yang dialih tugaskan menjadi Kapolda kalimantan Tengah.


Profil Priyo Widyanto

Priyo Widyanto lahir pada tanggal 1 April 1969. Ia memulai kariernya di kepolisian usai menempuh pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1990.

Priyo merupakan salah satu jenderal polisi pernah menduduki beberapa posisi penting dalam kepolisian.

Dimulai pada tahun 2010, Priyo pernah menduduki dua jabatan secara bergantian mulai dari Kaden A Hartib Pusprovos Divpropam Polri dan Kabagpamwal Roprovos Divpropam Polri.

Satu tahun setelahnya, ia kemudian dipindah tugaskan menjadi Kapolres Metro Bekasi Kota dan dilanjutkan menjadi Kapolres Metro Jakarta Timur pada tahun 2014.



Kariernya pun mulai melejit ketika ia ditunjuk sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Provos Divpropam Polri (2015). Priyo kemudian menjajaki jabatan sebagai Wakapolda Kalimantan Selatan pada tahun 2016.

Namun tak lama setelahnya, ia harus menimba pengalaman kembali di Markas Besar (mabes) Polri sebagai Karobinkar SSDM Polri tahun 2016.

Setelah itu, ia kembali berkarier di organisasi polisi tingkat wilayah atau Polda. Dalam riwayatnya, jenderal asal jakarta ini pernah menjadi Kapolda di tiga wilayah. Antara lain seperti Kapolda Jambi (2017), Kapolda Kalimantan Timur (2018) dan Kapolda Sumatera Selatan (2019).

Kemudian pada tahun 2020, Priyo kembali ke mabes polri untuk menduduki Sahlisosbud Kapolri tahun 2020 dan Kakorsabhara Baharkam Polri tahun 2021 hingga sekarang.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)