Bertemu PM Laos, Presiden Jokowi Komitmen Kerja Sama Berantas Perdagangan Manusia

Rabu, 10 Mei 2023 - 00:10 WIB
loading...
Bertemu PM Laos, Presiden Jokowi Komitmen Kerja Sama Berantas Perdagangan Manusia
Presiden Joko Widodo tmelakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Laos, Sonexay Siphandone di Labuan Bajo, NTT. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo turut melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Laos, Sonexay Siphandone di Labuan Bajo, NTT. Mereka, membahas pentingnya kerja sama dalam memberantas perdagangan manusia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

“Kedua pemimpin juga menekankan pentingnya kedua negara untuk meningkatkan kerja sama dalam memberantas trafficking in persons yang saat ini sedang marak terjadi di negara-negara anggota ASEAN,” ujar Retno dalam keterangannya, Rabu (9/5/2023).



Selain itu, Jokowi dan PM Laos juga membahas mengenai sejumlah kerja sama ekonomi yang dijalin oleh kedua negara, antara lain dalam bidang energi dan transportasi.

“Kedua pemimpin membahas kerja sama ekonomi, Bapak Presiden menyampaikan kerja sama PLN dengan Electricite Du Laos, pengadaan pesawat dari PT DI untuk angkatan udara Laos, dan juga pengadaan kereta api dari PT Inka untuk PetroTrade Laos Company,” paparnya.



Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaanKTT ASEAN 2023di Labuan Bajo. Dalam KTT RI berpeluang menghasilkan beragam kesepakatan dan kerjasama, baik regional maupun global.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Indonesia memegang posisi KeketuaanKTT ASEANdi tahun 2023 dengan tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth".



Dalam momen ini, Indonesia bertekad untuk memperkuat relevansi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan.

Deputi Divisi Asia Tenggara Departemen Urusan Asia Tenggara dan Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang, Kaneko Kazuya, mengatakan bahwa Indonesia memang dianggap mampu memimpin forum internasional, apalagi Indonesia adalah salah satu negara yang dominan di antara negara-negara anggota ASEAN.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)