Survei LSN: Mayoritas Publik Yakin Jokowi Akan Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Kamis, 04 Mei 2023 - 15:02 WIB
loading...
Survei LSN: Mayoritas Publik Yakin Jokowi Akan Dukung Prabowo di Pilpres 2024
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mayoritas publik pada survei terbaru lembaga survei nasional (LSN) meyakini Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres 2024. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 25 April hingga 2 Mei 2023, menunjukkan bahwa sebanyak 43,6% responden meyakini bahwa Jokowi akhirnya akan mendukung Prabowo, meskipun PDI Perjuangan telah memutuskan untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry menilai bahwa Jokowi melihat Prabowo Subianto sebagai sosok yang dapat melanjutkan program nasional yang belum ia tuntaskan. "Kemungkinan dukungan atau endorsement Presiden Jokowi kepada Prabowo Subianto bukannya tanpa alasan. Jokowi kelihatannya memandang Prabowo lebih cocok untuk menggantikan dirinya, sekaligus melanjutkan program-program nasionalnya yang belum tuntas," kata Gema saat memaparkan hasil survei, Kamis (4/5/2023).





Gema mengatakan, nama lain yang kemungkinan mendapatkan dukungan Jokowi berdasarkan hasil survei adalah Ganjar Pranowo dengan persentase sebesar 32,3%. "Kemudian sebanyak 32,3% responden menyatakan keyakinan bahwa endorsement Presiden Jokowi tersebut akan diberikan kepada Ganjar Pranowo yang telah diusung oleh PDI Perjuangan," katanya.

"Sedangkan tokoh lain yang dalam persepsi publik juga mungkin mendapat dukungan dari Presiden Jokowi adalah Erick Thohir (8,5 %), Mahfud MD (5,2%), dan Airlangga Hartarto (1,2%)," sambungnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)