TNI AL Kirim 3 Kapal Perang Buatan Indonesia ke IMDEX 2023

Kamis, 04 Mei 2023 - 07:57 WIB
loading...
TNI AL Kirim 3 Kapal Perang Buatan Indonesia ke IMDEX 2023
KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992, salah satu kapal perang yang dikirimkan TNI AL untuk mengikuti International Maritime Defence Exhibition & Conference (IMDEX) Asia 2023 di Singapura. FOTO/DOK.DISPENAL
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Laut mengirimkan tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) ke ajang International Maritime Defence Exhibition & Conference (IMDEX) Asia 2023. Pameran pertahanan maritim yang ke-13 itu diselenggarakan di Changi Exhibition Centre & Changi Naval Base (CEC-CNB), Singapura, 3-5 Mei 2023.

Tiga KRI tersebut adalah kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS) KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992, Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Halasan-630, dan kapal jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) KRI I Gusti Ngurah Rai-332. Ketiganya telah berangkat dari Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Selasa (2/5/2023).

Keikutsertaan kapal perang dari Indonesia dalam IMDEX Asia 2023 di Singapura merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas diplomasi TNI AL untuk mendukung kebijakan luar negeri serta meningkatkan hubungan kerja sama antarnegara di Asia Pasifik.



"Semua jajaran TNI AL harus terus meningkatkan peran diplomasi dan mempromosikan produk dalam negeri ke dunia luar," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam keterangan tertulis dikutip, Kamis (4/5/2023).

Mengutamakan penggunaan produksi dalam negeri, kata KSAL, bertujuan menumbuhkan kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan peralatan pertahanan dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global. Menurutnya, IMDEX 2023 juga menjadi ajang diplomasi untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

Prajurit dari tiap-tiap KRI akan berkesempatan menampilkan kesenian tradisional Indonesia. Salah satunya adalah para prajurit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 yang akan menampilkan kesenian Reog Ponorogo, Tari Saman, Tari Sinanggar Tulo, Tari Perang dan pencak silat.



Sementara itu, prajurit KRI Halasan-630 akan menampilkan Tari Gaba-gaba dari Maluku. Sedangkan prajurit KRI I Gusti Ngurah Rai akan menampilkan kesenian Tari Dayak dan Tari Kecak.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)