Bertemu SBY Nanti Malam, Cak Imin Akui Akan Ajak Demokrat Berkoalisi

Rabu, 03 Mei 2023 - 16:05 WIB
loading...
Bertemu SBY Nanti Malam, Cak Imin Akui Akan Ajak Demokrat Berkoalisi
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar akan bertemu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) nanti malam. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar akan bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) nanti malam. Dalam pertemuan tersebut, Cak Imin panggilan akrab Abdul Muhaimin mengaku akan mengajak Demokrat berkoalisi.

Cak Imin mengatakan, akan mengajak Partai Demokrat bergabung dalam koalisi besar. Langkah itu diambil setelah PKB dan Partai Golkar membentuk koalisi inti untuk menjembatani pembentukan koalisi besar. "Iya (akan ajak Partai Demokrat gabung koalisi)," kata Muhaimin saat ditemui di daetah Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2022).

Muhaimin menilai, peluang Partai Demokrat untuk bergabung ke dalam koalisi besar masih ada. "Ya mungkin yang paling penting adalah apakah pilihan masing-masing di grup koalisi ini sudah final, Pak SBY sudah final, kalau belom final kan bisa kita ajak gabung," katanya.



Sebagai informasi, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berencana akan kunjungi kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat hari ini. Kunjungan Cak Imin, akan didampingi oleh Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Waketum Jazilul Fawaid, Ketua Fraksi Cucun Ahmad Samsurijal, dan Sekretaris Dewan Syuro KH Saifullah Ma’shum.

"Betul, jam 19.30 WIB Gus Imin akan bertemu Pak SBY di Cikeas, dalam rangka Lebaran Idulfitri," kata Jazilul saat dikonfirmasi, Rabu (3/5/2023).



Tak hanya itu, kata Jazilul, pertemuan itu juga dalam rangka membahas persoalan bangsa. "Pak SBY pemikirannya diperlukan untuk generasi bangsa ini," tuturnya.

Sementara itu, Partai Golkar dan PKB resmi menggagas koalisi besar dalam menyambut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Langkah itu diambil setelah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melangsungkan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar hari ini, Rabu (3/5/2023).

Airlangga menjelaskan, Partai Golkar dan PKB telah mempunyai koalisi. Adapun Partai Golkar tergabung dalam KIB, sementara PKB Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). "Dalam pembahasan selanjutnya, kita berdua berbicara koalisi besar, dan koalisi besar itu membutuhkan koalisi inti, dan koalisi inti itulah yang kita duduk bersama di mana koalisi inti ini antara Golkar dan PKB," kata Airlangga, di Restoran Hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta Pusat.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)