Telusuri Data Kekayaan AKBP Achiruddin, KPK Koordinasi dengan Polri

Selasa, 02 Mei 2023 - 11:00 WIB
loading...
Telusuri Data Kekayaan AKBP Achiruddin, KPK Koordinasi dengan Polri
KPK melakukan koordinasi dengan Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri terkait harta kekayaan AKBP Achiruddin Hasibuan. Foto/Instagram/@achiruddinhasibuan
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan koordinasi dengan Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri terkait harta kekayaan AKBP Achiruddin Hasibuan. Saat ini, KPK masih mengumpulkan data dan informasi terkait harta-harta milik AKBP Achiruddin.

"KPK sedang kumpulin data dan informasi keuangan, properti, kendaraan dan lain-lain, dan koordinasi dengan Itwasum Polri," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan saat dikonfirmasi, Selasa (2/5/2023).





Sementara itu, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa tim Kedeputian Pencegahan KPK saat ini memang sedang fokus memeriksa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik AKBP Achiruddin. KPK sudah membentuk tim untuk memeriksa LHKPN AKBP Achiruddin.

"Sejauh ini KPK akan fokus lebih fahulu soal pemeriksaan LHKPN-nya sesuai kewenangan yang KPK miliki. Sudah dibentuk tim pemeriksa yang akan melakukan pencarian data lanjutan dan pemeriksaan faktual sebagaimana LHKPN yang bersangkutan," ujar Ali dikonfirmasi terpisah.

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir rekening milik AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya, Aditya Hasibuan. Sebab, kedua rekening tersebut terindikasi ada transaksi keuangan yang mencurigakan senilai miliaran rupiah.

"Ada indikasi transaksi keuangan yang mencurigakan," kata Koordinator Kelompok Substansi Humas PPATK M Natsir Kongah saat dikonfirmasi.

Sekadar informasi, AKBP Achiruddin merupakan ayah dari Aditya Hasibuan. Aditya Hasibuan merupakan pelaku penganiayaan seorang mahasiswa bernama Ken Admiral yang videonya viral di media sosial (medsos).

Achiruddin Hasibuan sudah dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Bin Ops Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara setelah membiarkan anaknya, Aditya Hasibuan (AH) menganiaya mahasiswa, Ken Admiral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)