May Day 2023, Nabil Haroen Dorong Pengusaha Bantu Buruh Tingkatkan Kesejahteraan

Senin, 01 Mei 2023 - 11:56 WIB
loading...
May Day 2023, Nabil Haroen Dorong Pengusaha Bantu Buruh Tingkatkan Kesejahteraan
Anggota Komisi IX DPR Nabil Haroen meminta pegusaha membantu para buruh meningkatkan kesejahteraan. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Nabil Haroen menyebut buruh merupakan bagian penting dan tulang punggung ekonomi bangsa. Kontribusi mereka sangat besar dalam mempercepat gerak ekonomi di pelbagai sektor.

Mengingat kontribusi penting buruh untuk meningkatkan perekonomi Indonesia di masa kini dan masa mendatang, Nabil meminta agar kesejahteraan buruh diperhatikan.

”Harus ada dukungan penuh terhadap aspirasi buruh, terutama kesejahteraan dan hak hidup yang layak,” kata Nabil dalam pernyataan tertulis dalam rangka Hari Buruh Internasional, Senin (1/5/2023).



Nabil mengatakan, sebagai wakil rakyat di Komisi IX, aspirasi buruh dalam bidang kesejahteraaan, jaminan kesehatan, keamanan kerja hingga pendidikan anak menjadi konsentrasi utama. Komisi IX DPR, kata dia, selama ini terus mengusahakan regulasi terbaik demi kesejahteraan buruh Indonesia. Tetapi, Nabil mengingatkan bahwa aspirasi buruh juga harus sesuai dengan faka-fakta di lapangan serta realitas dan kontestasi perekonomian antar negara.

”Aspirasi buruh juga harus kita bandingkan secara bijaksana dengan usulan-usulan dari pelbagai pihak, di antaranya pelaku industri dari lintas sektor, terkait kendala, tantangan dan dinamika yang ada di lapangan pekerjaan saat ini. Tujuannya, untuk kebaikan kelompok pekerja serta agar sustainability dalam ekosistem ekonomi Indonesia terus bertumbuh,” kata politikus PDIP ini.



Yang tak kalah penting, Nabil mengingatkan bahwa peningkatan kesejahteraan harus diimbangi dengan peningkatan skills para buruh.

”Saya mendorong pengusaha, pengelola perusahaan hingga Kementerian tenaga kerja dan pihak terkait untuk memudahkan buruh dan kelompok pekerja mengakses peningkatan skills/keterampilan teknis yang akan membantu peningkatan kualitas dan daya saing Dengan demikian, terbuka peluang besar dari pekerja kita yang punya skills tinggi untuk mendapat kesejahteraan yang lebih baik,” kata Nabil.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)