Kepercayaan Publik terhadap Polri Naik Lagi di Survei Indikator, Sudah Lampaui KPK

Minggu, 30 April 2023 - 16:59 WIB
loading...
Kepercayaan Publik terhadap Polri Naik Lagi di Survei Indikator, Sudah Lampaui KPK
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat meninjau langsung situasi dan kondisi arus balik Hari Raya Idulfitri tahun 2023 bersama pejabat utama Mabes Polri. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepercayaan publik terhadap Polri naik lagi di survei terbaru Indikator Politik Indonesia, bahkan sudah di atas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pembenahan di internal Polri yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berhasil membawa sentimen positif masyarakat terhadap Korps Bhayangkara tersebut.

Survei tersebut dilakukan pada 11-17 April 2023, menempatkan 1.220 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Hasilnya, publik trust Polri kini berada di angka 73,2 persen.

“Publik trust Polri terus bergerak positif. Terbaru, angkanya kembali meningkat, menjadi 73,2 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Korelasi Antara Approval Rating Presiden dan Dukungan Atas Capres dan Partai Jelang 2024’ secara virtual, Minggu (30/4/2023).





Dia mengatakan, capaian ini menempatkan Polri di atas KPK. Temuan Indikator, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga antirasuah sekadar 72,4 persen.

Dalam catatan Burhanuddin, salah satu alasan yang mendasari meningkatnya publik trust Polri adalah dampak tindakan tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terhadap para jenderal yang terlilit perkara, seperti Ferdy Sambo dan Teddy Minahasa. Diketahui, para jenderal bermasalah itu berhasil ditangani dan diserahkan sepenuhnya pada institusi penegakan hukum.

Polri juga bersikap netral dengan tidak melindungi para perwiranya dari jerat hukum maksimal. Pada survei sebelumnya, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri pada Februari 2023 baru menyentuh 70,8 persen. Artinya, dalam rentang setidaknya dua bulan, ada peningkatan yang cukup signifikan.

Kemudian pada temuan lain, Indikator Politik Indonesia juga mendapat tingginya kepercayaan publik terhadap kinerja Kepolisian di struktur terendah. Burhanuddin menuturkan, mayoritas masyarakat menyatakan puas dengan kinerja Kepolisian setempat dalam membangun komunikasi dengan warga, termasuk dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Ada 71,5 persen masyarakat yang puas terkait kinerja Kepolisian membangun komunikasi dengan warga. Ada juga 73,6 persen yang puas dengan usaha Kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya.

Adapun survei tersebut turut memotret evaluasi publik terhadap kinerja dan pelayanan kepolisian. Hasilnya, sebanyak 71,1 persen puas dengan kinerja Kepolisian dalam penyelenggaraan layanan publik di wilayah setempat. Selanjutnya, ada juga 56,1 persen yang puas dengan pelayanan ujian SIM.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)