Seleksi Dirdik KPK, Tiga Anggota Polri Lolos Tahapan Berikutnya

Selasa, 21 Juli 2020 - 14:32 WIB
loading...
Seleksi Dirdik KPK, Tiga Anggota Polri Lolos Tahapan Berikutnya
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa ada tiga anggota Polri dinyatakan lolos seleksi jabatan Direktur Penyidikan (Dirdik) lembaga antikorupsi itu. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa ada tiga anggota Polri dinyatakan lolos seleksi jabatan Direktur Penyidikan (Dirdik) lembaga antikorupsi itu. Ketiganya terpilih usai lolos uji kompetensi asesmen.

Ketiga kandidat Dirdik itu yakni, Brigjen Setyo Budiyanto yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Dirdik KPK. Kedua kandidat lainnya yakni Widyaiswara Muda Sespimti Polri, Kombes Nazirwan Adji Wibowo dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan, Kombes Didik Agung Widjanarko. (Baca juga: Vaksin China Tiba di Indonesia, Ahli Epidemiologi: Banyak Orang Ingin Keajaiban)

"Dari 10 kandidat Dirdik, yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni 3 orang yaitu Setyo Budiyanto, Nazirwan Adji Wibowo dan Didik Agung Widjanarko," ujar Plt Juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/7/2020).

Selain Dirdik, KPK juga membuka seleksi untuk jabatan Direktur Pengolahan Informasi dan Data (Pinda), Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) dan Koordinator Wilayah (Koorwil).

Untuk Direktur Pinda, dua calon dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya dari enam kandidat. Keduanya yakni Riki Arif Gunawan dan Indira Malik. Sedangkan untuk Direktur Dumas, dari 26 kandidat yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni 4 orang yaitu Kunto Ariawan, Tessa Mahardhika Sugiarto, Andre Dedy Nainggolan dan Tomi Murtomo.

Untuk Koordinator Wilayah, dari 64 kandidat yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni 18 orang yaitu, Aida Ratna Zulaiha, Budi Waluya, Sugiarto, Dian Patria, Asep Rahmat Suwandha, Muchamad Soffan Hadi, Agung Yudha Wibowo, Bernard Sibarani, Aminudin, Rufriyanto Maulana Yusuf, Bahtiar Ujang Purnomo, Febrianto Nugroho, Prabawa Widi Nugroho, Jefri Silitonga, Turman Sormin Siregar, Kumbul Kuswijayanto Sudjadi, Yudhiawan dan R Pitra Andrias Ratulangie.

"Seluruh kandidat dalam seleksi ini berasal dari peserta yang bersumber dari Internal KPK, Kemenkumham, Kemenkeu, BPKP, Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, Kominfo dan BIN," kata Ali.

Ali mengungkapkan nantinya seluruh kandidat akan mengikuti tahap berikutnya yaitu Tes Kesehatan dan Wawancara dan presentasi makalah antara lain terkait visi misi pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Seluruh tahapan seleksi jabatan struktural ini dilaksanakan dengan tahapan dan cara sebagaimana seleksi jabatan struktural di KPK pada tahun dan periode sebelumnya yaitu secara paralel dilakukan test assesment oleh pihak ketiga yang independen kemudian tes kesehatan dan terakhir wawancara dengan pimpinan," ungkapnya.

KPK juga mengharapkan peran aktif masyarakat untuk mengawal dan memberikan masukan mengenai rekam jejak para kandidat empat jabatan struktural di KPK tersebut sehingga nantinya terpilih pejabat struktural yang berintegritas dan profesional. (Baca juga: Duel Dahsyat Kelas Berat, Bernard Hopkins: Joshua Pukul KO Fury)

"KPK juga mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai iklan-iklan rekrutmen yang mengatasnamakan KPK. Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, masyarakat dapat menghubungi call center KPK di nomor 198," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)