Ganjar-Erick Dinilai Duet Ideal, Simbol Keberlanjutan Jokowi

Rabu, 26 April 2023 - 22:41 WIB
loading...
Ganjar-Erick Dinilai Duet Ideal, Simbol Keberlanjutan Jokowi
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dinilai sebagai duet ideal di Pilpres 2024. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) 2024 oleh sejumlah partai politik. Dua di antaranya adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sejumlah tokoh pun mulai disanding-sandingkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo. Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir.

"Erick Thohir merupakan simbol keberlanjutan pembangunan yang telah dirintis Presiden Jokowi. Sebagai menteri andalan dan selalu menjadi eksekutor dan negosiator, Erick Thohir adalah calon paling ideal untuk Ganjar Pranowo," kata pengamat politik dari Perfektor untuk Indonesia, Amir Faisal, Rabu (26/4/2023).



Menurutnya, Erick Thohir berhasil menjawab tantangan Presiden Jokowi untuk melakukan transformasi perusahaan BUMN dan bersih-bersih dari oknum koruptor. Laba BUMN konsisten meningkat setiap tahun. Mulai dari Rp13 triliun di 2020 menjadi Rp124,7 triliun pada 2021. Kemudian di 2022 laba kembali meningkat menjadi Rp303,7 triliun walaupun angka tersebut belum diaudit. Bersamaan dengan itu kontribusi Kementerian BUMN kepada negara juga meningkat dalam tiga tahun terakhir sebesar Rp68 triliun.

Selain Menteri BUMN, Erick juga mendapat penugasan strategis dari Presiden Jokowi dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan memulihkan perekonomian nasional. Jutaan dosis vaksin Covid-19 berhasil didapatkan Indonesia. Kemudian Erick juga menggalakkan program penggerak ekonomi seperti KUR, Mekaar, dan Makmur.

Di bidang bersih-bersih, Erick berhasil mengungkap kasus megakorupsi Jiwasraya dan Asabri bersama Kejaksaan Agung. Ia juga berhasil menyelesaikan kasus korupsi yang terjadi di Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan PLN.

Erick Thohir juga tengah mengusut dugaan penyelewengan dana pensiun para karyawan perusahaan-perusahaan BUMN bersama Kejaksaan Agung. Presiden Jokowi menganggap Erick Thohir sebagai menteri andalan di pemerintahan karena bisa merealisasikan ide dan gagasan yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat serta negara.

Dengan berbagai pengalaman tersebut, kata Faisal, Erick Thohir merupakan pendamping ideal bagi Ganjar Pranowo di pemerintahan selanjutnya meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Keduanya akan sangat saling melengkapi dalam kepemimpinan nasional, Ganjar yang berlatar-belakang kepala daerah dan Erick Thohir berlatar belakang Menteri BUMN, sehingga menjadi perpaduan yang sangat baik untuk mengelola Indonesia,” kata Faisal.

Untuk diketahui, PPP hari ini mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Langkah politik ini menyusul PDIP yang lebih dulu mengusung Ganjar.

Pengumuman Ganjar sebagai capres 2024 disampaikan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Partai Persatuan Pembangunan memutuskan Bapak Haji Ganjar Pranowo SH, MIP sebagai calon presiden Republik Indonesia pada Pilpres 2024 yang akan datang," kata Mardiono.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)