Denny JA Sarankan Muslim Dunia Punya Kalender Global Hijriah Atasi Perbedaan Waktu Idulfitri

Minggu, 23 April 2023 - 11:10 WIB
loading...
A A A
Upaya merumuskan kalender global bersama umat Islam sendiri sudah diserukan sejak puluhan tahun lalu. Pada 1958, seorang ahli hadis asal Mesir bernama Ahmad Muhammad Syäkir sudah menyatakannya. Menurut Syakir, memiliki kalender global bersama bagi umat Islam di seluruh dunia adalah keharusan. Bukan saja kalender itu berguna secara sosial, tapi juga memiliki implikasi hukum Islam sendiri.

Kalender itu bisa menentukan secara global agar awal dan akhir Ramadan di seluruh dunia jatuh di tanggal dan hari yang sama. Tidak seperti sekarang di mana Hari Raya Idulfitri jatuh di hari yang berbeda.

Pandangan ini juga bersandar pada hadis Nabi yang berbunyi, “Puasa itu adalah pada hari (semua) kamu berpuasa, dan Idulfitri itu adalah pada hari (semua) kamu beridulfitri, dan Iduladha itu adalah pada hari (semua) kamu beriduladha".

Menurutnya, hadis tersebut mengandaikan ada satu waktu ibadah yang sama untuk seluruh dunia. Namun, waktu yang sama hanya bisa dirumuskan jika umat Islam memiliki kalender hijriah global yang sama.

Denny menambahkan, berbagai pertemuan internasional sudah dilakukan untuk menyusun kalender global hijriah umat Islam, di antaranya pada 2016, di mana Badan Urusan Agama Republik Turki menyelenggarakan Seminar Internasional Penyatuan Kalender Hijriyah.

“Sudah ada pertemuan di tingkat menteri negara yang mayoritasnya Muslim dalam rangka kalender global bersama. Juga pertemuan ahli falak dunia muslim beberapa kali dibuat untuk keperluan tersebut,” ungkapnya.

Terkait kalender global bersama umat Islam dunia, kata Denny, hanya mungkin terjadi jika disepakatinya lima prinsip. Pertama, diubahnya prinsip rukyat lokal menjadi rukyat global. Dengan begitu akan menghilangkan rukyat teritori yang selama ini berlaku di dunia Muslim, termasuk di Indonesia. Jika menggunakan rukyat global, maka yang terjadi di satu tempat juga menjadi rukyat di tempat lain di penjuru dunia.

Kedua, kesatuan matlak bagi seluruh dunia. Apabila di suatu tempat di mana pun di muka bumi telah terjadi imkan rukyat, hilal sudah terlihat, maka itu dipandang berlaku bagi seluruh kawasan di dunia.

Ketiga, dengan kalender global, maka melihat hilal diubah dari dengan mata telanjang menjadi perhitungan matematika dan astronomi yang sudah berkembang sangat pesat. Karena sudah sangat maju, ilmu pengetahuan lebih bisa melihat dan memprediksi pergerakan benda langit ketimbang mata telanjang.

Keempat, dunia Muslim juga perlu menerima apa yang disebut Garis Tanggal Internasional. Meski hanya garis imajiner buatan manusia, Garis Tanggal Internasional sama sekali tidak berlandaskan benda-benda langit ataupun rotasi bumi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)