Kemenkominfo Fasilitasi Startup Ikuti Hannover Messe 2023

Rabu, 19 April 2023 - 22:06 WIB
loading...
Kemenkominfo Fasilitasi Startup Ikuti Hannover Messe 2023
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong menyatakan, pihaknya mendukung keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2023 untuk menarik investasi masuk ke Indonesia. Foto/Kominfo
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo ) memfasilitasi para pelaku startup digital Tanah Air untuk mengikuti Hannover Messe 2023 guna memamerkan produk dan inovasinya.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong menyatakan, pihaknya mendukung keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2023 untuk menarik investasi masuk ke Indonesia. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini percepatan transformasi industri Indonesia akan berkontribusi bagi bangkitnya ekonomi kawasan dan global.

Selain itu, Presiden pun telah mengundang investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia melalui Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2023. Usman memastikan, ada beberapa tindakan yang dilakukan Kemenkominfo dalam mendukung keikutsertaan Indonesia. Di antaranya yakni sosialiasi dan fasilitasi bagi pelaku startup digital nasional.





Pasalnya tutur Usman, selain untuk menarik investasi tentu saja Hannover Messe 2023 juga menjadi ajang pelaku startup untuk memamerkan produk dan inovasi.

"Kominfo memfasilitasi beberapa perusahaan startup Indonesia untuk mengikuti Hannover Messe 2023. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melakukan pendampingan terhadap startup yang ikut serta membuka booth atau berpameran di Hannover Messe," ujar Usman dalam siaran pers yang diperoleh SINDOnews di Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Usman turut hadir dalam Pembukaan Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2023 oleh Presiden Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, di Hall 2 Hannover Fairground, Hannover, Jerman, Senin (17/4/2023).

Menurut Usman, perusahaan startup nasional juga dapat menarik minat investor asing untuk berinvestasi di Tanah Air. Apalagi kata dia, potensi ekonomi digital Indonesia akan menjadi salah satu magnet penarik investor menanamkan modal di Indonesia.

Lebih lanjut Usman membeberkan, Kemenkominfo pun terus mensosialisasikan kegiatan Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023 kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui manfaat yang didapatkan atas penyelenggaraan pameran ini.

Menurutnya, penyelenggaraan pameran ditargetkan dapat mengundang kehadiran investor Eropa di Indonesia. Dengan demikian, nantinya kehadiran investor tersebut akan dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat, ada manfaat konkret yang akan diterima oleh masyarakat karena nanti yang menikmati lapangan pekerjaan adalah masyarakat," ungkap Usman.

Diketahui, pembukaan paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2023 dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Hannover Messe 2023 berlangsung di Hannover Fairground, Hannover, Jerman selama kurun 17–21 April 2023. Pameran industri terbesar di Eropa ini menghadirkan berbagai teknologi dan inovasi di bidang industri dari seluruh dunia.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)