Survei Indikator Politik: Elektabilitas Ganjar Turun Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Rabu, 19 April 2023 - 15:16 WIB
loading...
Survei Indikator Politik: Elektabilitas Ganjar Turun Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalami penurunan usai Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalami penurunan usai Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 . Penurunannya sekitar 7-8 persen.

"Paling terdampak suara Ganjar yang turun. Di bulan Maret sebelum pembatalan masih lumayan milih Ganjar. Tapi setelah pembatalan langsung drop suara Ganjar sekitar 7-8 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Isu-Isu Mutakhir dan Dinamika Elektoral Pasca-Batalnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20’ secara virtual, Rabu (19/4/2023).





Dia mengatakan, elektabilitas Ganjar jauh lebih tinggi di kalangan yang tidak mengetahui FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. "Kita cek apakah ada efek terkait Piala Dunia. Elektabilitas Ganjar jauh lebih tinggi di kalangan yang tidak tahu FIFA batalkan status tuan rumah, 35 persen Ganjar dipilih mereka yang tidak tahu FIFA batalkan piala dunia. Artinya ada efeknya di sini buat Ganjar," ujarnya.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebesar 22,2 persen. Ganjar Pranowo 19,8 persen dan Anies Baswedan di angka 15,9 persen.



Adapun metode survei ini menggunakan wawancara melalui telepon. Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.212 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan skrining. Margin of error survei sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)