Masyarakat Dinilai Perlu Diberi Pemahaman tentang Potensi Wakaf

Rabu, 19 April 2023 - 01:07 WIB
loading...
Masyarakat Dinilai Perlu Diberi Pemahaman tentang Potensi Wakaf
Masyarakat dinilai perlu diberikan pemahaman tentang potensi wakaf. Hal ini dikatakan oleh pengusaha muda Andrio Caesario dalam silahturahmi bersama Forjukafi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat dinilai perlu diberikan pemahaman tentang potensi wakaf . Hal ini dikatakan oleh pengusaha muda Andrio Caesario dalam silahturahmi dan buka bersama dengan Forum Jurnalis Wakaf Indonesia (Forjukafi) di Warung Wow, Jakarta Selatan, Senin 17 April 2023.

Karena itu, dirinya pun mendukung Forjukafi mengambil peran lebih besar dalam penguatan literasi tersebut.

"Saya mengapresiasi program-program Forjukafi yang aktif terkait literasi tentang wakaf dan zakat di Tanah Air, program-program tersebut harus dilanjutkan karena bagian dari mengedukasi masyarakat tentang wakaf," kata Andrio dalam keteranganya, Selasa (18/4/2023).



Menurut Rio, program literasi semacam ini diharapkan mampu mengefektifkan potensi wakaf dan zakat yang mencapai ratusan triliun tersebut. "Karena dengan literasi, masyarakat jadi lebih mengetahui apa itu wakaf dan apa manfaatnya bagi nasional," katanya.

Pengusaha muda berdarah Lampung yang namanya cukup eksis di bisnis pertambangan, perkebunan, pertanian, ini meyakini literasi masyarakat tentang wakaf telah memadai, maka pengembangan wakaf nasional dapat ditingkatkan.

Rio mengungkapkan, wakaf membawa banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk mengurangi ketergantungan pemerintah terhadap pinjaman dana asing. "Karena dana wakaf ini dapat digunakan untuk program-program pembangunan nasional, misalnya infrastruktur, pendidikan, dan banyak lagi," katanya.

Terakhir pria yang gemar musik lawas ini terjun ke bisnis kuliner dengan turut menjadi pemilik Warung WOW KWB (Kawasan Wisata Batu), yang terletak di bilangan Buncit, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, potensi wakaf di Indonesia sangatlah besar. Berdasarkan data Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2020, potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp180 triliun. Namun, saat ini yang baru berhasil dihimpun baru sekitar Rp860 miliar.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)