Profil Cecep Ruhiat, Jenderal TNI yang Menjabat Sebagai Inspektur Korps Marinir

Rabu, 19 April 2023 - 00:29 WIB
loading...
Profil Cecep Ruhiat, Jenderal TNI yang Menjabat Sebagai Inspektur Korps Marinir
Cecep Ruhiat merupakan sosok perwira tinggi TNI yang sejak 25 Maret 2022 telah mengemban amanat Inspektur Korps Marinir. Foto DOK marinir.tnial
A A A
JAKARTA - Cecep Ruhiat merupakan sosok perwira tinggi TNI yang sejak 25 Maret 2022 telah mengemban amanat Inspektur Korps Marinir. Jabatan tersebut diperoleh setelah menggantikan pendahulunya yakni Brigjen TNI (Mar) Lasmono.

Cecep merupakan salah satu jenderal TNI yang memiliki karier cemerlang. Sejak lulus dari Akademi Angkatan Laut pada tahun 1988, dirinya sudah mulai menduduki posisi penting dalam kemiliteran.


Profil Cecep Ruhiat

Brigadir Jenderal TNI (Mar) Cecep Ruhiat adalah perwira tinggi TNI yang saat ini menjabat sebagai Inspektur Korps Marinir. Sebelum jabatan tersebut, Jenderal bintang satu ini telah menduduki beberapa posisi penting sebelumnya.

Karier pria kelahiran tahun 1965 ini mulai cemerlang ketika mulai diamanahi untuk memegang posisi penting di kemiliteran yakni Danyon Ranratfib-1 Marinir pada tahun 2004 - 2006.

Kemudian dilanjutkan dengan menjabat sebagai Danmenkav 2/Marinir yang selesai pada tahun 2011. Kariernya pun kembali menanjak hingga dia dipindahkan menjadi Dankorsis Seskoal pada tahun 2011.

Tak sampai di situ, jabatan Cecep pun kembali naik dengan ditugaskan untuk menjadi Kabid Kerja sama Bilateral Amerika Asdep Koordinasi Kerja sama Amerika dan Eropa Kemenko Polhukam.

Pada tahun 2022 atau setelah kenaikan pangkatnya menjadi jenderal bintang satu, Cecep pun kemudian dipindahtugaskan menuju jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya yakni sebagai Inspektur Korps Marinir hingga sekarang.


Daftar Riwayat Jabatan Militer Cecep Ruhiat

- Danyonranratfib-1 Marinir
- Danmenkav 2/Marinir
- Dankorsis Seskoal
- Kabid Kerjasama Bilateral Amerika Asdep Koordinasi Kerjasama Amerika dan Eropa Kemenkopolhukam
- Ir Kormar (2022 - Sekarang).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4047 seconds (0.1#10.140)