Hasto: Semua Bandul Politik Akan Bergerak Setelah Capres PDIP Ditetapkan

Selasa, 18 April 2023 - 18:54 WIB
loading...
Hasto: Semua Bandul Politik Akan Bergerak Setelah Capres PDIP Ditetapkan
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto optimistis bandul politik akan bergerak setelah Megawati Soekarnoputri mengumumkan capres. Foto/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) meyakini Koalisi Besar tidak akan mendahului pengumuman calon presiden (capres) dari partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu. PDIP optimistis bandul politik akan bergerak setelah Megawati Soekarnoputri mengumumkan capres.

"Ya kalau kita lihat secara empiris, semua bandul politik itu akan bergerak setelah nanti ditetapkan capres dari PDIP," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2023).

Hasto pun memberi contoh saat Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Saat itu, kata Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengajukan Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres.





Kemudian, partai politik lain turut membangun kerja sama dengan PDIP. "Dulu ketika Bu Mega menetapkan Pak Jokowi langsung terjadi konsolidasi dari partai-partai. Maka itu pun kami yakini juga akan terjadi," ujar Hasto.

Kendati demikian, Hasto meminta publik bersabar untuk menunggu capres 2024 yang akan diajukan partainya. "Hanya kapan dan siapa yang akan diumumkan oleh Bu Megawati, mohon bersabar," pungkas Hasto.

Diketahui, belakangan muncul wacana pembentukan Koalisi Besar untuk Pilpres 2024. Koalisi Besar merupakan gabungan dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Adapun KIB terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sementara itu, KKIR terdiri dari Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2580 seconds (0.1#10.140)