Wapres Ma’ruf Amin Perintahkan TNI-Polri Sisir dan Kejar KST Papua

Selasa, 18 April 2023 - 09:33 WIB
loading...
Wapres Ma’ruf Amin Perintahkan TNI-Polri Sisir dan Kejar KST Papua
Wapres Ma’ruf Amin perintahkan TNI dan Polri untuk menyisir dan mengejar Kelompok Separatis Teroris (KST) pasca gugurnya satu prajurit TNI di Papua. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin perintahkan TNI dan Polri untuk menyisir dan mengejar Kelompok Separatis Teroris (KST) pasca gugurnya satu prajurit TNI di Papua. Pratu Miftahul Arifin gugur dalam baku tembak saat melakukan Operasi SAR Pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu 15 April 2023.

“Kini saatnya TNI dan Polri bersikap tegas dalam melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap kelompok KKB secara tepat dan tidak mengganggu rakyat sipil,” ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangan resminya, Selasa (18/4/2023).



Meski begitu, kata Masduki, Wapres mengimbau kepada segenap aparat keamanan yang tengah bertugas di Papua agar tidak gentar akibat kejadian ini, sembari tetap waspada, tabah dan berani dalam menghadapi tindak kekerasan dari KST.

“Wapres yakin bahwa saudara-saudara rakyat sipil Papua juga mengutuk keras segala tindakan brutal dan pergerakan KKB yang telah merusak sendi-sendi keharmonisan dan kedamaian di tengah-tengah rakyat Papua, khususnya Papua Pegunungan,” ujarnya.

Sementara itu, satu prajurit TNI yang gugur tersebut yakni Pratu Miftahul Arifin. “Wapres mengucapkan turut berdukacita yang mendalam kepada keluarga besar TNI atas gugurnya Pratu Miftahul Arifin saat bertugas menjaga keamanan dan juga kedaulatan negara di wilayah Papua,” kata Masduki.

Wapres, kata Masduki, turut merasakan kehilangan ini yang merupakan ujian berat bagi keluarga dan rekan-rekan prajurit TNI yang ditinggalkan. “Namun demikian, Wapres berharap keberanian, pengabdian, dan pengorbanan Pratu Miftahul Arifin dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk terus berjuang menciptakan kedamaian di tanah Papua.”



“Sebab hal ini merupakan agenda besar pemerintah untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan, dan menghentikan konflik yang berkepanjangan,” tandasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3270 seconds (0.1#10.140)