Satu Prajurit TNI Gugur di Papua, Wapres Ma'ruf Amin Kutuk Aksi Penembakan KST

Selasa, 18 April 2023 - 08:57 WIB
loading...
Satu Prajurit TNI Gugur di Papua, Wapres Maruf Amin Kutuk Aksi Penembakan KST
Wapres Ma’ruf Amin mengutuk aksi penembakan KST yang menewaskan satu prajurit TNI saat melakukan Operasi SAR pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam, Nduga, Papua, Sabtu 15 April 2023. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengutuk aksi penembakan Kelompok Separatis Teroris (KST) yang menewaskan satu prajurit TNI saat melakukan Operasi SAR pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu 15 April 2023.

“Wapres mengucapkan turut berduka cita yang mendalam kepada keluarga besar TNI atas gugurnya Pratu Miftahul Arifin saat bertugas menjaga keamanan dan juga kedaulatan negara di wilayah Papua,” ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).



Wapres, kata Masduki, menegaskan mengecam keras tindakan kekerasan oleh KST yang kembali merenggut nyawa seorang prajurit TNI di tengah perjuangannya melindungi rakyat dan misi kemanusiaan yakni menyelamatkan pilot Susi Air yang masih disandera KKB.

“Wapres turut merasakan kehilangan ini yang merupakan ujian berat bagi keluarga dan rekan-rekan prajurit TNI yang ditinggalkan,” katanya.

Selain itu, Masduki mengatakan Wapres berharap keberanian, pengabdian, dan pengorbanan Pratu Miftahul Arifin dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk terus berjuang menciptakan kedamaian di tanah Papua.

“Sebab hal ini merupakan agenda besar pemerintah untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan dan menghentikan konflik yang berkepanjangan,” tuturnya.

Wapres pun mengimbau kepada segenap aparat keamanan yang tengah bertugas di Papua agar tidak gentar akibat kejadian ini, sembari tetap waspada, tabah dan berani dalam menghadapi tindak kekerasan dari KKB.

“Wapres pun menegaskan kini saatnya TNI dan Polri bersikap tegas dalam melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap kelompok KKB secara tepat dan tidak mengganggu rakyat sipil,” kata Masduki.

Ditambahkannya, Wapres yakin bahwa saudara-saudara rakyat sipil Papua juga mengutuk keras segala tindakan brutal dan pergerakan KKB yang telah merusak sendi-sendi keharmonisan dan kedamaian di tengah-tengah rakyat Papua, khususnya Papua Pegunungan.

“Terakhir, Wapres mendoakan semoga Pratu Miftahul Arifin yang gugur di medan laga sebagai seorang pahlawan bangsa, diterima segala amal baktinya dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT. Kepada keluarga dan rekan-rekan TNI yang ditinggalkan, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini.”



“Wapres yakin, semangat patriotisme dan cinta Tanah Air yang telah diwariskan oleh Pratu Miftahul Arifin akan tetap melekat dan terus hidup dalam diri kita semua,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)