Abdalhafez Yousef Azzam Sebut Palestina Tenang dan Bangga dengan Gus Yahya

Minggu, 16 April 2023 - 10:38 WIB
loading...
Abdalhafez Yousef Azzam Sebut Palestina Tenang dan Bangga dengan Gus Yahya
Wakil Hakim Agung Palestina Mohammed Abdalhafez Yousef Azzam melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Hakim Agung Palestina Mohammed Abdalhafez Yousef Azzam melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya . Abdalhafez Yousef menemui Gus Yahya di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta dalam kapasitasnya sebagai Wakil Utusan Presiden Palestina.

Dalam pertemuan itu, Syekh Azzam menyampaikan rasa bangga sekaligus tenang dengan keberadaan Gus Yahya yang diakuinya sangat teguh dalam mendukung Palestina. “Saya sangat bangga dengan keberadaan Gus Yahya. Kami merasa tenang karena Gus Yahya berada di pihak kami melalui cara Gus Yahya yang sangat humanis dan internasional,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (16/4/2023).

Dia berpendapat, dunia Arab terutama bangsa Palestina harus banyak belajar dari Gus Yahya. Gagasan-gagasan besar Gus Yahya harus disebarkan dan diterapkan di dunia Arab dan Palestina.



Dia juga mengakui gagasan Gus Yahya mengenai fikih peradaban, sangatlah penting untuk dapat diwujudkan dan diterapkan pada era sekarang. Karenanya, ia sangat mendukung penuh gagasan tersebut.

“Penting pembaharuan beberapa pandangan keagamaan, tajdid al-khitab ad-dini. Kami mendukung penuh Gus Yahya termasuk fikih peradaban yang mementingkan hak minoritas dan kemanusiaan,” katanya.

Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia itu, ia melihat keseriusan dan keteguhan bangsa Indonesia dan PBNU dalam memberikan dukungan terhadap Palestina. “Kami melihat komitmen bangsa Indonesia terhadap Palestina sekaligus menunjukkan keberpihakannya terhadap kemanusiaan dan dukungan terhadap Palestina tidak pernah putus,” tuturnya.

Maka itu, Syekh Azzam berterima kasih dan merasa tersanjung, serta merasa terhormat atas undangan pihak PBNU dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang memberikannya kesempatan untuk dapat datang ke Indonesia.

Sementara itu, Gus Yahya menyampaikan bahwa NU hadir antara lain untuk mencarikan solusi yang dapat diterima masyarakat internasional terkait Palestina dan Israel. Sebab, menurutnya, harus ada penyesuaian dengan masyarakat internasional terkait solusi terhadap persoalan kedua negara tersebut.

Karenanya, ia mengajak dunia Islam agar dapat bersama-sama mencari sehingga bisa menemukan solusi yang demikian. Gus Yahya juga mengajak agar seluruh elemen masyarakat Palestina dapat bersatu, baik Fattah, Hamas, Gaza, maupun Tepi Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)