Kelilingi Indahnya Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Untuk Pak TGB, Saya Jadi Guide

Minggu, 16 April 2023 - 04:59 WIB
loading...
Kelilingi Indahnya Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Untuk Pak TGB, Saya Jadi Guide
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan keindahan Masjid Raya Al Jabbar kepada Ketua OIAA Indonesia TGB HM Zainul Majdi, Sabtu (15/4/2023). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Setelah Tabligh Akbar iNews di halaman Masjid Raya Al Jabbar, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami l mengajak Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia TGB HM Zainul Majdi mengelilingi masjid megah tersebut.

Sembari berkelakar, Ridwan Kamil menyebut khusus TGB, dia yang mendampingi langsung. "Untuk sahabat saya Pak TGB, langsung saya jadi guide," ujarnya, Sabtu (15/4/2023).



Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengawali dengan menunjukkan Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo itu bagian utama masjid. Ia pun menunjukkan beberapa sudut utama di tempat salat tersebut.

"Al Jabbar ini bermakna dari penemu rumus matematika, ada geometri pembangunannya," terangnya.

"Makna lainnya asmaul husna, dan kebetulan namanya dari daerah Jabar (Jawa Barat)," sambungnya.

Beranjak dari ruangan ini, Doktor Ahli Tafsir Al-Qur'an tersebut kemudian diajak Kang Emil masuk ke lantai dasar. Ada ruangan animasi tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Di dalamnya, berisi museum keislaman. Di sana terdapat pula replika dari Gua Hira. "Ada animasi perjalanan dari Nabi Muhammad. Nanti masyarakat dapat melihat langsung," terangnya.

Bukan itu saja, Kang Emil juga menunjukkan sejarah Islam di Nusantara berjajar nama-nama ulama asal Jawa Barat. "Pencapaian dari bangunan ini (masjid) melebihi dari imajinasi saya. Berkali lipat indahnya," ucap Kang Emil kepada TGB.

Kang Emil dan TGB berbincang dengan hangat mengenai beberapa sudut masjid. Keduanya pun mengabadikan foto dengan latar belakang bangunan Masjid Raya Al Jabbar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)