Mengulik Riwayat Karier Politik Anas Urbaningrum, Eks Politisi Partai Demokrat yang Bebas dari Bui

Selasa, 11 April 2023 - 10:35 WIB
loading...
Mengulik Riwayat Karier Politik Anas Urbaningrum, Eks Politisi Partai Demokrat yang Bebas dari Bui
Mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Anas Urbaningrum tengah menjadi perbincangan hangat belakangan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Anas Urbaningrum tengah menjadi perbincangan hangat belakangan. Hal ini terjadi setelah dirinya telah dijadwalkan bebas dari Lapas Sukamiskin pada Selasa (11/4/2023).

Sekadar informasi, Anas sebelumnya dipidana atas kasus pembangunan Wisma Atlet Hambalang. Saat itu, dia dijatuhi vonis pada September 2014 dengan hukuman 8 tahun penjara dan denda sebesar Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dalam keberlanjutannya, hukuman Anas diperberat menjadi 14 tahun penjara dan denda Rp5 miliar pada tingkat kasasi. Tidak mau hukumannya diperberat, dia mengajukan upaya hukum peninjauan kembali (PK) hingga akhirnya dipangkas dari 14 tahun menjadi 8 tahun pidana penjara.


Jejak Karier Politik Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum lahir di Blitar pada 15 Juli 1969. Dalam riwayat pendidikannya, politikus Indonesia ini pernah mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Airlangga dengan mengambil jurusan Ilmu Politik.

Setelah lulus tahun 1992, dia melanjutkan pendidikan Pascasarjana di Universitas Indonesia. Pada tahun 2000, Anas meraih gelar master bidang ilmu politik. Tak sampai disitu, dia juga disebut melanjutkan studi doktor Ilmu Politik di UGM.

Beralih ke jejak kariernya, perjalanannya bermula kala menjadi bagian dari organisasi gerakan mahasiswa. Saat itu, Anas tercatat pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).



Kiprahnya mulai bersinar saat menjadi anggota Tim Revisi Undang-Undang Politik atau Tim Tujuh yang diketahui sebagai salah satu tuntutan Reformasi. Selain itu, Anas juga terpilih menjadi anggota Tim Seleksi Parpol Peserta Pemilu 1999.

Anas Urbaningrum kemudian menjadi anggota KPU pada periode 2001 hingga 2005. Setelahnya, dia memutuskan untuk mundur dan bergabung bersama Partai Demokrat.

Sempat menjadi Ketua Bidang Politik dan Otonomi Daerah, Anas kemudian berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI pada Pemilu 2009 dari daerah pemilihan Jawa Timur VII.

Seiring waktu, Anas semakin menunjukkan sinarnya. Dia berhasil terpilih sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI periode 2009-2014. Tak hanya itu, politisi kelahiran Blitar ini juga pernah menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat pada 2010-2013.

Terbaru, setelah sekian tahun mendekam di bui akibat kasus yang menjeratnya, Anas Urbaningrum dijadwalkan untuk bebas pada Selasa (11/4/2023).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)