Survei Voxpopuli: Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul di Puncak

Senin, 10 April 2023 - 21:36 WIB
loading...
Survei Voxpopuli: Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul di Puncak
Presiden Jokowi saat ditemani Menhan Prabowo Subianto mengunjungi Pasar Petanahan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul di posisi puncak berdasarkan hasil survei terbaru lembaga survei Voxpopuli Research Center. Voxpopuli Research Center merilis hasil survei elektabilitas tiga tokoh nasional yang kerap menjadi perbincangan di masyarakat, yaitu Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dari hasil temuan Voxpopuli, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di posisi teratas dengan elektabilitas mencapai 23,3 persen, mengungguli Ganjar Pranowo dengan 22,5 persen, dan Anies Baswedan mendapatkan 18,2 persen.

“Prabowo unggul melawan Ganjar dan bursa capres, dan keduanya meninggalkan Anies di posisi tiga besar,” kata peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono dalam keterangan yang diterima pada Senin (10/4/2023).



Dia menjelaskan unggulnya elektabilitas Prabowo atas Ganjar tersebut mengindikasikan terjadinya pergeseran dukungan dari pemilih loyalis Jokowi. Apalagi, dalam beberapa waktu kemarin, Prabowo dan Jokowi berdampingan saat melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

“Endorsement Jokowi terhadap Prabowo tampak menguat,” terangnya.

Sementara itu, nama Anies Baswedan yang sempat mendapatkan elektabilitas tinggi kini mengalami stagnan atau malah menurun. “Elektabilitas Anies stagnan atau sedikit turun terkait dengan tidak jelasnya kapan deklarasi resmi ketiga partai anggota KPP,” ungkap Prijo.

Diketahui, survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada 25-31 Maret 2023 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia dengan margin of error survei sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)