Cuaca Panas Menyengat di Wilayah Indonesia, Ini Penjelasan BMKG

Minggu, 09 April 2023 - 17:17 WIB
loading...
Cuaca Panas Menyengat di Wilayah Indonesia, Ini Penjelasan BMKG
Cuaca sangat panas dirasakan oleh masyarakat di wilayah Jabodetabek dalam beberapa hari terakhir, termasuk Minggu (9/4/2023) hari ini. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cuaca panas menyengat dirasakan oleh masyarakat di wilayah Jabodetabek dalam beberapa hari terakhir, termasuk Minggu (9/4/2023) hari ini. Sinar matahari mencorong menembus kulit dan membuat kegerahan.

Berdasarkan data cuaca Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara maksimum di DKI Jakarta adalah 32 derajat Celcius dengan kelembaban udara maksimal 95%. Sementara cuaca di wilayah sekitar Jakarta maksimul 33 derajat Celcius dengan kelembaban udara maksimum 100%.

Cuaca panas ini juga selaras dengan indeks ultraviolet sinar matahari yang dirilis BMKG per Minggu (9/4/2023). Berdasarkan indeks itu, ultraviolet sinar matahari memang sedang tinggi-tingginya.



Ultraviolet level veri high atau risiko bahaya sangat tinggi dimulai dari wilayah timur Indonesia, Papua pada pukul 08.00 WIB dan terus mengarah ke wilayah tengah Indonesia, Sulawesi dan menuju Kalimantan pada 09.00 WIB.

"Ultraviolet very high memiliki tingkat bahaya tinggi bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelundung, diperlukan tindakan pencegahan ekstra karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dengan cepat," tulis BMKG dalam keterangan yang diunggah di akun Instagramnya, Minggu (9/4/2023).

Pada pukul 10.00 hingga 11.00 WIB, seluruh wilayah Indonesia berada di level ultraviolet very high. Bahkan beberapa wilayah di Kalimantan, Sulawesi, dan sebagian Jawa mencapai level Extrems atau risiko bahaya sangat ekstrem.

Kondisi ini berlangsung hingga pukul 13.00 WIB dan berangsur menurun levelnya menuju sore hari. Pada sore ini seluruh wilayah Indonesia sudah berada di level di bawah 1.

"Tingkat bahaya rendah bagi orang banyak," tulis BMKG.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)