Gelar Bimtek Petugas Haji 2023, Kemenag Komitmen Wujudkan Haji Ramah Lansia

Sabtu, 08 April 2023 - 03:56 WIB
loading...
Gelar Bimtek Petugas Haji 2023, Kemenag Komitmen Wujudkan Haji Ramah Lansia
Dirjen PHU Kemenag Hilman Latif mengatakan, Kemenag berkomitmen mewujudkan pelayanan haji ramah lansia. Foto/Kemenag
A A A
JAKARTA - Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) berkomitmen mewujudkan pelayanan haji ramah lanjut usia (lansia). Pasalnya, jumlah jemaah haji lansia yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun ini mencapai 67.000 orang.

Hal itu disampaikan Dirjen PHU Kemenag Hilman Latif saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tugas dan Fungsi bagi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede mulai 7 - 16 April 2023.

"Kami harus menyiapkan petugas haji secara lebih matang dari segi wawasan mereka, keterampilannya tenaganya, dedikasinya karena memang tantangan tahun ini cukup besar. Ada konfigurasi jemaahnya di mana jumlah lansia cukup banyak hampir 20-30%," ujarnya.



Menurut Hilman diperlukan keterampilan dan wawasan khusus untuk melayani jemaah lansia. Untuk itu, pelaksanaan Bimtek Petugas Haji selama sepuluh hari ke depan merupakan momentum untuk menumbuhkan kesadaran petugas pelayanan haji.

"Bimtek kita lakukan agar kesadaran muncul dari petugas tahun ini tidak ada yang berleha-leha, tidak ada yang tenang-tenang. Ingat medannya berat. tantangannya berat," ucapnya, Jumat (7/4/2023).



Menurut Hilman, tingginya jumlah jemaah haji lansia pada tahun ini dikarenakan Indonesia selama tiga tahun tidak memberangkatkan jemaah secara sempurna dari jumlah kuota normal.

"Dua tahun tidak berangkat, tahun lalu dibatasi usia. Otomatis berangkat tahun ini jumlahnya cukup signifikan dan kita ingin melayani dengan baik," ucapnya.

Selain menyiapkan petugas, kata Hilman, pihaknya juga akan memberikan kemudahan bagi jemaah haji lansia dalam beribadah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)