Profil Bupati Meranti M Adil, Viral Sebut Kemenkeu Iblis hingga Berujung Kena OTT KPK

Jum'at, 07 April 2023 - 06:41 WIB
loading...
Profil Bupati Meranti M Adil, Viral Sebut Kemenkeu Iblis hingga Berujung Kena OTT KPK
Bupati Kepulauan Meranti, M Adil. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bupati Kepulauan Meranti M Adil terjaring Operasi Tangkap Tangan ( OTT ) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) pada Kamis 6 April 2023 malam. Turut diamankan beberapa orang lainnya dalam operasi senyap tersebut.

"Benar, tadi malam Kamis (6/4/2023) tim KPK berhasil lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti Riau," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (7/4/2023).

"Beberapa pihak sudah ditangkap di antaranya Bupati," sambungnya.

Sebelumnya, Bupati Meranti M Adil sempat jadi perbincangan usai menyebut pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai iblis dan setan dalam sebuah video yang beredar di media sosial.



Pernyataan yang memantik reaksi itu dilontarkan ketika M Adil sedang melaksanakan rapat koordinasi nasional Pengelolaan Pendapatan Belanja Daerah di Pekanbaru, Kamis 9 Desember 2022.

Pernyataan tersebut menyusul kekesalan M Adil karena tidak mendapat kejelasan terkait Dana Bagi Hasil (DBH) yang diterima Kepulauan Meranti. Pasalnya, pemerintah pusat telah banyak mengambil sumber minyak dari Kepulauan Meranti.

Ancam Gabung ke Malaysia


Bukan hanya menyebut Kemenkeu diisi iblis dan setan, ia pun mengancam untuk angkat senjata dan bergabung dengan Malaysia. Merespons ucapannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberi teguran keras kepada M Adil.

M Adil dipanggil ke Kantor Kemendagri pada Senin 12 Desember 2022. Kedatangan Adil diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro di ruang kerjanya yang juga didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni.

Setelah bertemu dengan Sekjen Kemendagri, Mendagri Tito Karnavian juga menemui Muhammad Adil. Tito diketahui menegur keras atas perilaku Bupati Kepulauan Meranti tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)