Soal Ruang Penyidik Kosong, KPK: Mayoritas Lagi Penyidikan di Luar Kota

Kamis, 06 April 2023 - 20:44 WIB
loading...
Soal Ruang Penyidik Kosong, KPK: Mayoritas Lagi Penyidikan di Luar Kota
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menjelaskan ruang penyidik dan penyelidik kosong karena mayoritas dari mereka sedang melakukan kegiatan penyidikan di luar kota. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ruang penyidik dan penyelidik lembaga antirasuah dikabarkan kosong. Informasi yang beredar, ruang penyidik dan penyelidik KPK kosong karena protes atas pencopotan Brigjen Pol Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan (Dir Lidik).

Menanggapi hal itu, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menjelaskan ruang penyidik dan penyelidik kosong karena mayoritas dari mereka sedang melakukan kegiatan penyidikan di luar kota. Sehingga, informasi kosongnya ruang penyidik dan penyelidik KPK karena protes dicopotnya Brigjen Endar dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan adalah hoaks.

"Kegiatan penyidikan hari ini (6/4) beberapa terjadwal di luar kantor. Di antaranya kegiatan penyidikan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Maluku, Papua, Kendari, Balikpapan, dan Kalimantan Selatan," kata Ali, Kamis (6/4/2023).



Adapun, kegiatan penyidikan KPK di luar kota di antaranya berkaitan dengan pemeriksaan saksi-saksi. Ali menyebut, ada sembilan saksi yang diperiksa di Polda Maluku terkait dugaan suap Bupati Buru Selatan. Kemudian, enam saksi diperiksa di Kejati Yogyakarta terkait kasus pembangunan Stadion Mandala Krida.



"Serta pemeriksaan enam saksi TPPU dan tindak pidana korupsi terkait proyek pengadaan barang atau jasa di lingkungan Pemkab Mamberamo Tengah, yang dilakukan di Polda Papua," sambung Ali.

Sementara itu, kata Ali, ada juga pemeriksaan para saksi yang dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Hanya saja, pemeriksaan saksi bukan di ruang kerja para penyidik dan penyelidik KPK. Ada ruang pemeriksaan tersendiri bagi para saksi. "Di mana tentunya pemeriksaan tersebut dilakukan di ruang pemeriksaan, bukan di kubikal kerja," ujar Ali.

Ali menegaskan, narasi ruang penyidik kosong karena disebut memprotes pemberhentian Endar adalah tidak benar. Sebab, mayoritas penyidik sedang bekerja di luar ruangan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5726 seconds (0.1#10.140)