Polemik Endar Priantoro, Guru Besar UI: Pejabat KPK Tak Pantas Bergaya Hidup Mewah

Selasa, 04 April 2023 - 21:39 WIB
loading...
Polemik Endar Priantoro, Guru Besar UI: Pejabat KPK Tak Pantas Bergaya Hidup Mewah
Guru Besar UI Hamdi Muluk menilai seorang petinggi KPK tidak pantas memiliki gaya hidup mewah dan memamerkannya ke publik. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk menilai seorang petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) tidak pantas memiliki gaya hidup mewah dan memamerkannya ke publik. Sebab pejabat tinggi harus memberikan teladan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Hamdi menanggapi gaya hidup mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Pol Endar Priantoro dan istrinya yang bermewah-mewahan. “Enggak pantas lah (Dir Lidik KPK bermewah-mewahan). Itu jelas,” ungkapnya, Selasa (4/4/2023).

Hamdi pun menilai, diberhentikannya Endar Priantoro dari jabatan Dirlidik KPK ada kaitannya dengan gaya hidupnya yang tidak sesuai dengan semangat dasar dari lembaga antirasuah tersebut. “Saya kira iya (alasan diberhentikannya),” ujarnya.



KPK dibentuk dan didirikan justru untuk memberantas korupsi. Gaya hidup mewah pejabat sendiri bisa diduga berasal dari hasil korupsi ataupun gratifikasi. “Pejabat itu harus satu kata antara perkataan dan perbuatan. Kalau mau menyuruh orang tidak korupsi, ya dia tidak korupsi,” kata Hamdi.



Sementara terkait langkah Endar yang melaporkan Ketua dan Sekjen KPK ke Dewan Pengawas, Hamdi mengungkapkan bahwa hal itu tidak jadi masalah. “Iya itu hak dia (melaporkan). Kan mekanisme banding itu ada. Ya dia banding ke Dewas itu boleh saja,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pamer harta kekayaan hingga gaya hidup mewah para pejabat negara di media sosial sedang disorot publik belakangan ini. Teranyar, viral video diduga istri jenderal bintang satu yang bertugas di KPK pamer harta kekayaan.

Diduga perempuan tersebut adalah istri Brigjen Endar Priantoro yang viral di medsos tersebut. Video tersebut diviralkan oleh pemilik akun TikTok Perusak Hedon. Akun tersebut mengunggah sejumlah foto diduga istri Brigjen Endar dengan keterangan gaya hidup mewah istri bintang 1 Polri.

Di mana, diduga istri Brigjen Endar liburan ke luar negeri bukan sewa mobil tapi helikopter. “Bantu viralkan lagi guys, akun kemarin diculik!” tulis akun Perusak Hedon dikutip Jumat, 17 Maret 2023
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)