Antisipasi Banjir, KPU Diharap Perhatikan Daya Tahan Kotak Suara Kardus

Selasa, 04 April 2023 - 20:06 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, KPU Diharap Perhatikan Daya Tahan Kotak Suara Kardus
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari memastikan, kotak suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2024 berbahan kardus, karena hemat anggaran. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Hasyim Asy'ari memastikan, kotak suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2024 berbahan kardus. Selain menghemat anggaran, kardus juga dinilai lebih mudah dalam penyimpanan.

"Masih digunakan (kardus), saya pastikan sudah digunakan," ujar Ketua KPU usai menghadiri acara di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 18 Mei 2022.

Merespons hal ini, terdapat sejumlah kelemahan dari penggunaan kotak suara kardus, terutama rawan terendam banjir. Sehingga mengakibatkan kerusakan yang parah.



Salah satu peristiwa viral yang pernah meliputi pesta demokrasi saat itu ialah kotak suara terendam banjir. Terhitung sejak 2014, KPU memutuskan untuk menggunakan kardus karton sebagai material dasar untuk kotak suara Pemilu 2014.

Peristiwa kotak suara terendam banjir pernah beberapa kali terjadi di beberapa daerah di Indonesia, di antaranya ialah sebagai berikut, di Cilegon Banten pada 3 Desember 2020, Ciseeng Bogor 15 April 2019, Pesawaran Lampung pada 21 April 2019, Kotabaru Kalimantan Selatan pada 17 Maret 2014, dan Badung Bali 17 Desember 2014.

Kotak suara kardus rawan kecurangan Anggota Komisi I DPRD Banten Ali Nurdin mengungkapkan, sebetulnya DPRD Banten sempat kaget lantaran kotak suara yang dipakai saat Pemilu 2014 terbuat dari kardus karton.

"Dengan bahan dari kardus, selain rawan kecurangan karena hanya diamankan menggunakan lakban, juga dapat mengakibatkan kotak suara mudah rusak akibat terendam banjir, mudah terkena rayap atau bahkan jamuran," kata Ali Nurdin, Selasa (4/4/2023).

Ali mengungkapkan, penyelenggaraan pesta demokrasi, yang dipertaruhkan adalah rakyat. "Untuk itu, legitimasi pelaksanaan hasil Pemilu seyogyanya harus bisa dipertanggungjawabkan," tutupnya.

Sementara CEO PT Alpha Gemilang Makmur Alden Lukman mengatakan, kotak suara kardus alvaboard dinilai bisa menjadi jadi solusi, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya peristiwa kardus kotak suara terendam banjir, maka kebutuhan terhadap material kotak suara yang berkualitas perlu dipertimbangkan.

"Alvaboard menghadirkan kardus kotak suara dan bilik pencoblosan suara berbahan dasar plastik yang anti air, jamur, rayap dan tentunya hal tersebut membuat keamanan surat suara menjadi lebih terjamin," ujar Alden.

"Dengan adanya keunggulan-keunggulan tersebut, kardus kotak suara dan bilik pencoblosan suara buatan Alvaboard dapat menjadi solusi untuk meminimalisir adanya kejadian surat suara terendam banjir. Dapat menjadi alternatif utama dari bahan kardus atau karton," tandas Alden.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)