BNPB: 32 Bencana Terjadi dari 27 Maret-2 April 2023, Berikut Rinciannya

Selasa, 04 April 2023 - 13:58 WIB
loading...
BNPB: 32 Bencana Terjadi dari 27 Maret-2 April 2023, Berikut Rinciannya
BNPB menyebutkan data sebanyak 32 peristiwa bencana terjadi pada periode 27 Maret hingga 2 April 2023. Foto/Binti Mufarida/MPI
A A A
JAKARTA - Sebanyak 32 peristiwa bencana terjadi pada periode 27 Maret hingga 2 April 2023. Data ini disampaikan oleh Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari.

Abdul menjelaskan, dari kejadian bencana itu menyebabkan dua orang meninggal, 47 luka-luka, 75.021 jiwa mengungsi dan terdampak, 21.237 rumah terendam, dan 106 rumah rusak.

Kata dia, kejadian bencana dalam sepekan terakhir berkurang dari pekan sebelumnya. Sementara itu, kejadian bencana terbanyak yakni hidrometeorologi basah.



"Kita bisa lihat dari gambaran dari kejadian bencana sepekan, ada 32 kejadian bencana berkurang memang dari Minggu lalu," ungkap Aam sapaan akrab Abdul Muhari dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/4/2023).

"Minggu lalu kita ada 47 kejadian bencana tetapi tetap dominan di hidrometeorologi basah, ada banjir, puting beliung, dan tanah longsor, kebakaran hutan ada dua kejadian," tambahnya.

Aam mengatakan, berkurangnya kejadian bencana sepekan terakhir merupakan pertanda transisi musim hujan ke kering. "Artinya memang kita mulai masuk masa musim transisi dari hujan ke kering," ucapnya.

Pemerintah Siapkan Mitigasi Karhutla


Selain itu, Aam mengatakan, Pemerintah sudah menyiapkan mitigasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). "Kita sudah cukup intens rapat untuk menyiapkan mitigasi karhutla, tetapi tentu saja kita tidak boleh meninggalkan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi hidrometeorologi basah," ujarnya.

Aam menjelaskan, distribusi kejadian bencana paling banyak masih di banjir dan puting beliung. "Distribusinya sebenarnya cukup cukup merata yang dengan kebakaran hutan itu di daerah (Indonesia) lebih ke utara, memang karena faktor regional yang menyebabkan adanya awan hujan masuk ke Indonesia," tuturnya.

"Itu adalah Siklon Tropis di sebelah (selatan) sehingga dominan yang terdampak adalah Indonesia tengah, barat, bagian dari tengah ke selatan. Sedangkan yang bagian utara sudah mulai kering dan Aceh sudah mencatatkan kebakaran hutan," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)