Komjen Rycko Amelza Dahniel Dilantik Jadi Kepala BNPT Pekan Depan

Jum'at, 31 Maret 2023 - 12:58 WIB
loading...
Komjen Rycko Amelza Dahniel Dilantik Jadi Kepala BNPT Pekan Depan
Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel akan dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada pekan depan. Foto/polri.go.id
A A A
JAKARTA - Teka-teki siapa yang akan menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pengganti Boy Rafli Amar terjawab sudah. Dia adalah Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel .

Polri telah merekomendasikan Jenderal Bintang 3 itu sebagai Kepala BNPT. "Pak Rycko akan duduk di jabatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme," kata Asisten SDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo usai acara serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Rupatama Polri, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).

Dia mengatakan, nantinya Komjen Rycko Amelza akan dilantik secara resmi sebagai Kepala BNPT oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Nanti akan dilantik Bapak Presiden," pungkas Dedi.



Diketahui, Komjen Rycko Amelza merupakan salah satu perwira tinggi Polri yang dirotasi. Rotasi itu tertuang dalam surat telegram Nomor:ST/713/III/KEP./2023 tanggal 27 Maret 2023, yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

Dia yang sebelumnya sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri dirotasi menjadi perwira tinggi (Pati) Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktur.

Adapun Boy Rafli Amar memasuki masa pensiun pada 25 Maret 2023. Boy merupakan lulusan Akpol 1988. Sebelum menjadi Kepala BNPT, Boy pernah menjabat beberapa posisi di Polri, di antaranya adalah Wakalemdiklat Polri, Kadiv Humas Polri, Kapolda Banten, hingga Kapolda Papua.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pengganti Boy Rafli Amar pada pekan depan. "(Kepala BNPT) Minggu depan (dilantik)," kata Jokowi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)