Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Kata PDIP

Kamis, 30 Maret 2023 - 13:06 WIB
loading...
Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Kata PDIP
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyesalkan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) menyesalkan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Pencoretan tersebut dilakukan FIFA di tengah penolakan keikutsertaan Timnas Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20.

"Ini tentu menjadi pelajaran berharga. Sikap yang kami sampaikan sejak awal, tidak pernah menolak Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (30/3/2023).

Hasto menjelaskan, sikap PDIP adalah hal yang fundamental guna menyuarakan kemanusiaan dalam hubungan antarbangsa serta potensi kerentanan sosial dan politik yang akan ditimbulkan oleh kehadiran Timnas Israel.



"Sikap kami ini sama dengan FIFA ketika mencoret Rusia dari babak playoff Piala Dunia, jadi ada presedennya," kata Hasto.

Menurutnya, sikap kader PDIP terkait penolakan Timnas Israel juga memiliki landasan kuat secara konstitusi dan juga historis.

"Suara menolak kehadiran Israel adalah suara kemanusiaan, bukan kehendak politis. Kesadaran sejarah juga harus terus diperkuat. Untuk diingat, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) lahir sebagai penolakan terhadap Israel," katanya.

PDIP sejak Agustus 2022 telah melakukan komunikasi dengan pemerintah tentang sikap partai dan potensi kerentanan politik dan sosial jika Timnas Israel tetap bertanding di Indonesia.

Baca juga: Pernyataan Lengkap FIFA Terkait Pembatalan Piala Dunia U-20 Indonesia

"Kami bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan beberapa bulan kemudian dengan Menteri Sekretaris Negara. Sikap kami muncul setelah Israel dipastikan lolos kualifikasi," ungkap Hasto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)